Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Delapan Singa di Kebun Binatang India Positif Covid-19

Rabu 05 May 2021 07:39 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Singa asiatik di Gujarat, India.

Singa asiatik di Gujarat, India.

Foto: DNA India
Tidak ada bukti faktual bahwa hewan dapat menularkan Covid-19 ke manusia

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – Delapan singa Asia di sebuah kebun binatang di India positif terinfeksi Covid-19. Saat ini India diketahui tengah menghadapi lonjakan tajam kasus baru virus corona.

Delapan singa itu tinggal di Taman Zoologi Nehru yang berlokasi selatan di negara bagian Hyderabad. Mereka sempat menunjukkan tanda-tanda gangguan pernapasan. Pengelola kebun binatang kemudian mengambil sampel dan mengirimnya ke laboratorium penelitian pemerintah pada 24 Maret.

Baca Juga

Hasil tes menunjukkan kedelapan singa itu positif Covid-19. “Berdasarkan pengalaman hewan kebun binatang di tempat lain di dunia yang pernah mengalami SARS-Cov-2 positif tahun lalu, tidak ada bukti faktual bahwa hewan dapat menularkan penyakit lebih jauh kepada manusia,” kata Kementerian Lingkungan Hidup, Hutan, dan Perubahan Iklim India dalam sebuah pernyataan pada Selasa (4/5).

Setelah penemuan itu, Taman Zoologi Nehru ditutup untuk sementara. Pemimpin oposisi India Rahul Gandhi telah menyerukan penerapan karantina wilayah (lockdown) berskala nasional. Hal itu disampaikan saat kasus Covid-19 di negara tersebut telah menembus 20 juta.

"Satu-satunya cara untuk menghentikan penyebaran corona saat ini adalah karantina penuh. Kelambanan Pemerintah India membunuh banyak orang yang tidak bersalah,” kata Gandhi melalui akun Twitter pribadinya pada Selasa.

Sudah hampir dua pekan, India konsisten melaporkan lebih dari 300 ribu kasus baru Covid-19 setiap harinya. Saat ini negara tersebut telah mencatatkan 20,3 juta kasus. Sekitar 3,5 juta di antaranya berstatus aktif. Sementara, korban meninggal sudah menembus 222 ribu jiwa.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA