Kamis 29 Apr 2021 20:54 WIB

Humanity Food Truck ACT Sambangi Ponpes Cipasung Tasik  

ACT menyiapkan seribu porsi makanan untuk para santri di Ponpes Cipasung.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
ACT Tasikmalaya membagikan seribu porsi makanan untuk berbuka puasa kepada para santri di Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (29/4/2021).
Foto: Republika/Bayu Adji P
ACT Tasikmalaya membagikan seribu porsi makanan untuk berbuka puasa kepada para santri di Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (29/4/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya menjalankan program Humanity Food Truck pada bulan Ramadhan ini. Salah satu tempat yang menjadi sasaran Humanity Food Truck ini adalah Pondok Pesantren (Ponpes) Cipasung di Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Cabang ACT Tasikmalaya Taufik Perdana mengatakan, Ponpes Cipasung menjadi sasaran karena para santrinya masih ada di sana. Tim ACT menyiapkan makanan berbuka puasa untuk para santri itu. Menurut dia, tim ACT sudah memasak makanan sejak Kamis subuh.

Makanan dimasak langsung di Humanity Food Truck, yang memang sudah dilengkapi dengan dapur. “Proses memasak semua di dalam truk, tak usah membuat dapur lagi. Truk ini bisa memasak sampai 3.000 porsi makanan,” ujar Taufik, Kamis (29/4).

Hari itu disiapkan seribu porsi makanan untuk berbuka para santri. Salah seorang santri, Sumar (23 tahun), bersyukur bisa mendapatkan bantuan makanan untuk berbuka puasa. Ia merasa makanan untuk berbuka kali ini lebih mewah dari biasanya. “Kalau makanan ini mah istimewa, spesial. Jadi, sekalian perbaikan gizi,” kata santri asal Garut itu, sambil tertawa.

Pimpinan Ponpes Cipasung KH Abun Bunyamin Ruhiat menyampaikan terima kasih kepada ACT dan JNE yang membagikan makanan kepada para santrinya. Sebab, para santri Ponpes Cipasung ini masih belum pulang ke rumahnya masing-masing. Ia berharap makanan yang diberikan kepada santri lebih banyak. Pasalnya, dari sekitar 2.032 santri yang masih ada di ponpes, hanya seribu santri yang mendapat bantuan makanan untuk berbuka.

Meski demikian, Kiai Abun mengapresiasi kegiatan berbagi makanan ini. Ia mengatakan, memberikan makanan kepada orang yang berpuasa ini akan mendapatkan imbalan pahala dari Allah. “Harapannya akan semakin banyak masyarakat membantu pesantren ke depannya,” ujar Kiai Abun.

Taufik mengatakan, pada Ramadhan kali ini Humanity Food Truck rencananya bakal menyambangi lokasi lain. Program tersebut diharapkan bisa dilaksanakan pada 6 Mei mendatang di wilayah Kota Tasikmalaya. “Tapi, lokasinya belum bisa kita pastikan. Paling tidak Food Truck ini menyapa warga di dua tempat di Tasikmalaya pada Ramadhan kali ini,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement