Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Pemerintah Arab Saudi Tutup Sekolah Internasional Turki

Kamis 29 Apr 2021 09:41 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman

Foto: AP/Amr Nabil
Penutupan dilakukan pada akhir tahun akademik 2020-2021.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menutup 8 sekolah Turki yang berafiliasi dengan Kementerian Pendidikan Nasional, baik itu  beroperasi di ibu kota Riyadh dan provinsi lain. Penutupan dilakukan pada akhir tahun akademik 2020-2021.

Kementerian Pendidikan Saudi menyampaikan keputusan tersebut dalam format tertulis ke sekolah-sekolah di barat laut provinsi Tabuk, Riyadh, Ta'if, dan Jeddah. Pejabat Saudi juga mengunjungi sekolah-sekolah Turki di provinsi Dammam dan Abha untuk memberi tahu otoritas sekolah tentang keputusan tersebut. Sekolah-sekolah Turki di provinsi Makkah dan Madinah juga akan tunduk pada keputusan yang sama.

“Kegiatan di sekolah-sekolah Turki akan dihentikan pada akhir tahun ajaran ini, fasilitasi akan diberikan kepada siswa untuk mendaftar di sekolah pilihan mereka, dan administrasi sekolah harus memberi tahu orang tua tentang keputusan," ujar Kementerian Pendidikan Saudi, dilansir Anadolu Agency, Kamis (29/4).

Sumber diplomatik menyebutkan, 2.256 siswa yang tidak fasih berbahasa Arab akan mengalami kesulitan jika melanjutkan pendidikan di bawah Kementerian Pendidikan Arab Saudi. Sekolah Internasional Turki di Riyadh, Jeddah, Tabuk, Dammam, Ta'if, Abha, Mekah, dan Madinah akan ditutup pada akhir tahun ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA