Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

BPJPH Tawarkan Kolaborasi Strategis dengan LIPI

Kamis 29 Apr 2021 00:57 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Dr  Mastuki  MAg, Plt  kepala Badan Penyelenggara  Jaminan  Produk Halal (BPJPH), menyampaikan  paparannya.

Dr Mastuki MAg, Plt kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), menyampaikan paparannya.

Foto: Dok MES Australia
Lima area potensial yang dapat dioptimalkan dengan melakukan kerja sama LIPI.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menerima audiensi pimpinan Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPII-LIPI). Dalam kesempatan itu, Plt Kepala BPJPH Mastuki menyodorkan lima area potensial yang dapat dioptimalkan dengan melakukan kerja sama penguatan produk halal, khususnya bagi usaha mikro dan kecil (UMK).

"Kami menawarkan kolaborasi strategis dengan PPII-LIPI untuk memperkuat produk halal bagi pelaku UMK. Karena kami tahu PPII-LIPI memiliki konsen di bidang riset, pembinaan UMK di bidang teknologi, dan audit produk melalui laboratorium yang dimiliki di sejumlah daerah. Bidang itu kami anggap area potensial yang dapat dikerjasamakan," ungkap Mastuki dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (28/4).

Baca Juga

Mastuki memaparkan, area kerjasama itu meliputi beberapa hal. Pertama,  pembinaan pelaku UMK yang spesifik pada ranah pemanfaatan teknologi. Misalnya pengemasan produk (packaging), pengeringan (drying), atau digitalisasi pemasaran. Tujuannya membantu produk UMK naik kelas, memiliki nilai tambah, dan daya saing.

Kedua, menurut Mastuki, LIPI dapat mendirikan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang dapat membantu BPJPH dalam pemeriksaan dan/atau pengujian produk dalam proses sertifikasi halal.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA