Rabu 28 Apr 2021 09:53 WIB

Masyarakat AS Puas pada 100 Hari Pertama Presiden Joe Biden

Poin tertinggi yang diraih Biden adalah kemampuannya menangani pandemi Covid-19.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Presiden AS Joe Biden
Foto: EPA-EFE/Andrew Harrer
Presiden AS Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jajak pendapat menemukan lebih dari setengah warga Amerika Serikat (AS) puas dengan 100 hari pertama masa jabatan Presiden Joe Biden. Dukungan itu tidak pernah dicapai Donald Trump.

Dukungan itu seharusnya dapat membantu Partai Demokrat untuk mendorong pengeluaran infrastruktur dan agenda-agenda besar Biden lainnya. Jajak pendapat Reuters/Ipsos menemukan, lebih dari 55 persen dari 4.423 orang dewasa AS puas dengan kinerja Biden di Gedung Putih.

Baca Juga

Dalam survei yang digelar dari 12 hingga 16 April itu, hanya 40 persen yang tidak puas dengan Biden,  sementara sisanya tidak yakin. Poin tertinggi yang diraih Biden adalah kemampuannya dalam menangani pandemi virus corona.

Pada Selasa (27/4), kantor berita Reuters melaporkan 65 persen responden puas dengan kinerja Biden dalam mengatasi pandemi. Sementara, Trump hanya mendapatkan 38 persen untuk isu yang sama.

Survei menunjukkan 90 persen simpatisan Demokrat, 61 persen independen dan 39 persen Republik puas dengan cara Biden menangani pandemi Covid-19. Sebanyak 52 persen warga AS mengatakan, mereka puas dengan kinerja Biden dalam isu ekonomi dan 53 persen mengatakan puas dengan kinerja dalam lapangan pekerjaan.

Angka yang diraih Biden di dua isu lebih tinggi dibanding Trump di bulan-bulan terakhir masa jabatannya. Kritik terkeras Biden dalam isu imigrasi.

Selama pemerintahannya Amerika masih menghadapi gelombang imigran di perbatasan Meksiko-AS. Hanya 42 persen yang setuju dengan kebijakan Biden di perbatasan sementara 49 persen menyatakan tidak setuju.

Lebih dari setengahnya puas dengan sikap bipartisan Biden walaupun lebih banyak Demokrat yang memuji keberhasilan Presiden dalam menyatukan dua partai. Lima puluh enam persen puas pada sikap bipartisan Biden, antara lain 88 persen dari Demokrat, 23 persen Republik dan 48 persen dari independen.

Warga AS puas dengan sikap Biden dalam isu lingkungan dan ketidaksetaraan rasial, masing-masing mendapatkan 54 dan 51 persen. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement