3 Tips Konsumsi Pide, Makanan Khas Turki Saat Ramadhan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 27 Apr 2021 20:52 WIB

3 Tips Konsumsi Pide, Makanan Khas Turki Saat Ramadhan. Roti pide khas Turki. Foto: Wikimedia 3 Tips Konsumsi Pide, Makanan Khas Turki Saat Ramadhan. Roti pide khas Turki.

Pide adalah makanan khas Turki seperti pizza.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan, bulan yang penuh berkah di mana umat Islam di seluruh dunia merayakannya dengan menunaikan ibadah puasa. Mereka menahan lapar dan haus mulai fajar sampai terbenam matahari.

Dalam bulan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait makanan yang akan dikonsumsi. Sebab, jika berlebihan itu tidak sehat.

Baca Juga

Sebagian besar makanan selama Ramadhan terbuat dari tepung putih, misalnya pide. Pide adalah makanan khas Turki seperti pizza.

Jika dikonsumsi selama Ramadhan, tentu itu bukan pilihan yang tepat. Ahli diet mengatakan sepotong pide yang berukuran telapak tangan sama dengan sekitar dua potong roti putih yang mengandung lebih dari 130 kalori.

Ahli gizi dan ahli diet Hazal Catırtan Cobanoglu memperingatkan pide Ramadhan klasik terbuat dari tepung putih beragi memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi. Ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah setelah periode puasa yang lama.

“Kebanyakan orang tidak membatasi konsumsi roti ini karena lapar. Tapi orang dengan ketahanan insulin, diabetes, dan masalah berat badan harus lebih berhati-hati,” kata Cobanoglu, dilansir Daily Sabah, Jumat (23/4).

Cobanoglu membagikan tiga tips untuk mencegah diri Anda makan berlebihan dan bersikap ramah terhadap sistem pencernaan Anda.

Jangan makan

Anda bisa lewatkan mengonsumsi pide saat sahur. Selama Ramadhan, Anda harus sedikit makan pide. Jangan makan dua kali sehari.

Mungkin makan pide saat sahur adalah ide yang buruk karena akan menyebabkan kadar gula darah naik dan membuat Anda merasa lebih cepat lapar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi saat buka puasa.

Jangan konsumsi pide dengan makanan karbohidrat

Jika Anda akan makan karbohidrat seperti sup, nasi, dan pasta saat buka puasa, Cobanoglu mengatakan mungkin yang terbaik adalah makan sedikit pide atau tidak sama sekali. Meskipun makan banyak karbohidrat pada awalnya akan membuat Anda merasa kenyang, hal itu akan membuat Anda lebih cepat merasa lapar. Bahkan lama-kelamaan dapat menyebabkan Anda bertambah berat badan jika diet Anda tidak diimbangi dengan protein dan lemak sehat.

Pilih tepung pide

Jika Anda punya pilihan, pilih pide yang terbuat dari gandum utuh atau tepung gandum hitam sebagai pengganti tepung putih. Ini berguna untuk menambah asupan serat Anda. 

photo
Infografis Tips Jaga Berat Badan Selama Puasa - (Republika.co.id)
 

https://www.dailysabah.com/life/health/ramadan-pide-3-golden-rules-to-stop-overeating-at-sahur-iftar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X