Selasa 27 Apr 2021 12:52 WIB

Pemkot Depok Tanam Pohon dan Bersihkan Ciliwung

Peran komunitas sangat berarti, karena mereka bisa fokus menjaga lingkungan.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bilal Ramadhan
Sampah yang tersangkut pada pohon bambu di bantaran Sungai Ciliwung, Depok, Jawa Barat
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sampah yang tersangkut pada pohon bambu di bantaran Sungai Ciliwung, Depok, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok bersama aktivis lingkungan melakukan penanaman pohon dan membersihkan Sungai Ciliwung. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Bumi yang jatuh setiap 22 April.

"Kami gabungan dari berbagi komunitas lingkungan mengambil inisiatif kecil dengan melakukan penanaman pohon dan pembersihan Sungai Ciliwung. Kami juga menuangkan Eco Enzym di daerah Perumahan Permata Depok untuk menyuburkan tanaman di sekitarnya," ujar salah satu anggota komunitas Rumah Organik Studio Alam Indah (Rosai), Anis Hidayah.

Adapun, beberapa komunitas yang tergabung dalam kegiatan ini antara lain, Sendalu Permaculture, Rumah Organik Studio Alam Indah (ROSAI), Depok Eco Enzym, Kagama Cinta Sungai, Earth Hour Depok, dan Teras Kamala.

"Kami berpesan, agar seluruh masyarakat bisa menjaga lingkungan. Seperti, tidak membuang sampah sembarangan, memanfaatkan barang bekas, mengolah sampah organik menjadi pupuk dan lain-lain," ujar Anis.

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati yang saat itu turut hadir, mengatakan, peran komunitas sangat berarti, karena mereka bisa fokus menjaga lingkungan. Dia berharap langkah ini juga bisa diikuti oleh masyarakat lainnya.

"Kami dari DLHK sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Mudah-mudahan bisa diikuti juga oleh masyarakat lainnya," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement