Serunya Buka Puasa di Atas Ketek kelilingi Danau Sipin

Red: Agung Sasongko

Senin 26 Apr 2021 17:35 WIB

Danau Sipin. Foto: wisatasumatera.com Danau Sipin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pulau Kembang yang terletak di Kawasan Danau Sipin Kota Jambi menjadi salah satu lokasi wisata yang menyajikan keunikan bagi pengunjung yakni menikmati waktu berbuka puasa di atas ketek (perahu) sambil mengelilingi danau itu. Baru sekitar 10 bulan lalu Pulau Kembang didirikan.

Pulau Kembang hadir atas ide-ide kreatif Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Kembang.Penggagas Pokdarwis yang juga selaku pengelola Pulau Kembang Jhon Herman mengatakan Pulau Kembang didirikan sebagai salah satu upaya untuk mendukung pengelolaan Danau Sipin sebagai destinasi wisata di Kota Jambi.

Baca Juga

Sebagai pulau buatan, Pulau Kembang dibangun di atas lahan seluas 200 meter persegi. Di sini terdapat beberapa saung hingga spot-spot foto yang instagramable juga dengan sajian makanan khas Jambi.

Apalagi selama Ramadhan, Pulau Kembang memberikan layanan yang belum dimiliki tempat wisata lain di Jambi yakni berbuka puasa di atas perahu sambil berkeliling di Danau Sipin dengan menikmati makanan khas Jambi seperti tempoyak dan pindang atau sajian nasi liwet.

"Ini salah satu layanan yang sekarang kami tawarkan ke masyarakat Jambi, berbuka di atas ketek dengan sajian makanan pilihan yang beragam, mau 'ngeliwet' di atas daun pisang juga bisa," kata Jhon.