Senin 26 Apr 2021 12:43 WIB

Helikopter Ingenuity Lakukan Penerbangan Ketiga di Mars

Helikopter Ingenuity terbang lebih tinggi dan cepat daripada saat diuji di Bumi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ingenuity berhasil terbang perdana di Mars dan mengambil foto bayangan permukaan Mars.
Foto: nasa
Ingenuity berhasil terbang perdana di Mars dan mengambil foto bayangan permukaan Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Helikopter Ingenuity berhasil melakukan penerbangan ketiga di Planet Mars pada Ahad (25/4) pagi. Helikopter terbang lebih tinggi dan lebih cepat daripada saat diuji di Bumi.

Sekitar pukul 01.31 ET pagi, helikopter itu naik 16 kaki dan terbang selama 164 kaki selama penerbangan ketiganya. Total penerbangannya adalah 80 detik, dengan kecepatan tertinggi 6,6 kaki per detik.

Baca Juga

“Penerbangan hari ini adalah yang kami rencanakan, namun itu sungguh menakjubkan,” kata Dave Lavery dari NASA dalam sebuah pernyataan, dilansir dari The Verge, Senin (26/4).

“Dengan penerbangan ini, kami menunjukkan kemampuan kritis yang akan memungkinkan penambahan dimensi udara untuk misi Mars di masa depan,” ujarnya lagi.

Dalam misi keduanya pada Kamis (22/4), Ingenuity melakukan penerbangan 51,9 detik, menempuh jarak tujuh kaki. Untuk penerbangan pertama Ingenuity pada 19 April, pesawat kecil itu terangkat 10 kaki dari permukaan Mars selama 39 detik.

Ingenuity tiba di Mars pada 18 Februari dengan penjelajah induknya, Perseverance. Misinya mencari tanda-tanda kehidupan dan mengambil sampel tanah Mars. Meskipun Ingenuity bukan fokus utama dari misi Perseverance, kemampuannya untuk terbang di atmosfer tipis Mars akan memberikan data yang berguna untuk eksplorasi Mars di masa mendatang.

NASA mengatakan sedang merencanakan penerbangan keempat untuk Ingenuity dalam beberapa hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement