Ahad 25 Apr 2021 10:00 WIB

Mualaf Asad, Jurnalis Yahudi yang Terpikat Arab dan Islam

lslamnya IMuhammad Asad menginspirasi banyak tokoh Barat dan Islam

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nashih Nashrullah
lslamnya IMuhammad Asad menginspirasi banyak tokoh Barat dan Islam. Muhammad Asad saat bersama pendiri Arab Saudi.
Foto: AP archive
lslamnya IMuhammad Asad menginspirasi banyak tokoh Barat dan Islam. Muhammad Asad saat bersama pendiri Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Suatu hari pada September 1926, seorang jurnalis muda Yahudi naik kereta Berlin. Namanya Leopold Weiss. Kebudayaan tinggi Eropa, kemajuan ilmu pengetahuan dan kemajuan materi belumlah cukup untuk membahagiakan rakyatnya. Di sekelilingnya dia melihat wajah-wajah yang tidak bahagia dan hampa. Itulah awal mulanya mencari jalan spritual, hingga menjadi seorang Muslim. 

Lahir pada 1900 dari orang tua Yahudi yang nenek moyangnya adalah pemuka kerabian, dia secara resmi masuk Islam beberapa hari setelah perjalanan Berlin itu. Ketika dia meninggal hampir satu abad kemudian pada tepat 1992, dia adalah seorang intelektual terkenal yang dikenal di seluruh dunia Muslim sebagai Muhammad Asad. The Road to Mecca, memoarnya yang terkenal, telah membantu memperkenalkan Islam kepada banyak orang. 

"Mungkin tidak ada buku lain kecuali Alquran itu sendiri yang menyebabkan lebih banyak orang masuk Islam," tulis Murad Hofmann, seorang diplomat Jerman, dan dirinya sendiri seorang mualaf, dilansir di TRT World, Sabtu (24/4). 

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, yang menjalani kehidupan glamor sebagai pemain kriket, menyebut Asad sebagai motivasi yang membawanya ke jalur religius. Sayyid Qutb, seorang tokoh terkemuka di Ikhwanul Muslimin, mengambil dari karya Asad untuk membentuk pandangannya sendiri tentang politik Islam.   

 

Margaret Marcus, seorang wanita muda Yahudi, meninggalkan kehidupan di New York untuk tinggal di Lahore setelah membaca The Road to Mecca. Dia mengadopsi nama Maryam Jameelah dan menjadi cendekiawan Islam yang terkenal. Terjemahan Alquran Asad dalam bahasa Inggris disandingkan dengan terjemahan Marmuduke Pickthall dan Abdullah Yusuf Ali.

Meskipun pengalaman mualafnya sering ditulis, pertaubatannya bukanlah hasil dari wahyu yang tiba-tiba. Itu sebagian terkait dengan kekacauan yang disaksikan Asad muda di Eropa setelah Perang Dunia I.

Asad dibesarkan di Lwow, sebuah kota yang pada awal abad ke-20 merupakan bagian dari Austria, di rumah ayahnya yang kaya, seorang pengacara kaya.

Meskipun orang tuanya tidak terlalu religius, guru privat melatihnya dalam kitab suci Yahudi dan pada waktunya dia dapat dengan percaya diri mendiskusikan eksegesis Alkitab, kumpulan komentar religius yang kompleks. Setelah dia masuk Islam, ini akan membantu pemahamannya tentang Alquran. “Jadi, pada usia tiga belas tahun, saya tidak hanya bisa membaca bahasa Ibrani dengan sangat lancar tetapi juga berbicara dengan bebas dan, sebagai tambahan, cukup mengenal Aramiac," tulisnya.

Agama adalah hal terakhir yang ada di benaknya ketika dia masuk Universitas Wina pada 1920 untuk mempelajari sejarah seni. Hari-harinya dihabiskan untuk mempelajari filosofi, malam hari di klub. Seperti anak muda lainnya, Asad sedang mencari jawaban setelah Perang Dunia I yang berdarah, yang melanda Eropa antara  1914 dan 1918.

Disiplin Eropa, norma Victoria, semua telah dibuang selama perang ketika sesama orang Eropa saling mengebom kota dan kota hingga terlupakan. Akibatnya datanglah penderitaan dan pencarian jiwa. Setelah kalah perang, ekonomi Jerman menanggung beban reparasi. Inflasi sangat tinggi sehingga orang-orang kelas menengah menjual pusaka dan furnitur keluarga untuk bertahan hidup.

Gelisah dan tidak bisa fokus, Asad keluar dari universitas... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement