Mengenal Bubur Lambuk, Sajian Khas Ramadhan Negeri Jiran

Red: Agung Sasongko

 Sabtu 24 Apr 2021 21:59 WIB

Muslim Malaysia memasak Bubur Lambuk di Kampung Baru, Kuala Lumpur, Malaysia, untuk makanan buka puasa Ramadhan. Foto: AP/Lai Seng Sin Muslim Malaysia memasak Bubur Lambuk di Kampung Baru, Kuala Lumpur, Malaysia, untuk makanan buka puasa Ramadhan.

Menurut sejarah, pembuatan bubur lambuk ini semula berasal dari Masjid Jamek Kampung

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Masyarakat di Indonesia mengenal banyak macam makanan bubur, dari bubur kacang hijau hingga bubur ayam.Sementara itu bagi warga di Kuala Lumpur bulan Ramadhan terasa hambar tanpa dilewatkan dengan jenis bubur yang satu ini, bubur lambuk.

Makanan yang rasanya gurih dan kuat dengan rasa rempah tersebut terbuat dari beras dan beragam jenis rempah, kayu manis, kapulaga, jintan, jahe, merica, dan lada hitam yang merupakan bumbu utama.Menurut sejarah, pembuatan bubur lambuk ini semula berasal dari Masjid Jamek Kampung Baru kemudian berkembang dilakukan masyarakat sekitar.

Baca Juga

Bubur lambuk ini sebelumnya diberi nama Bubur Lambuk Agung Masjid Jamek Kampung Baru setelah diusulkan oleh mendiang Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah, Sultan Negara Bagian Selangor saat itu.

Kampung Baru sendiri merupakan ikon masyarakat Melayu di Kuala Lumpur yang hingga kini masih dipertahankan keasliannya dengan dikelilingi gedung-gedung pencakar langit lambang kapitalisme moderen.

Di kawasan ini, terdapat aneka kuliner mulai kuliner tradisional seperti nasi lemak dan cendol durian, juga kuliner internasional seperti Ayam Bakar Wong Solo dan Rumah Makan Padang Sederhana dari Indonesia serta Tom Yam Thailand.Pada Ramadhan kali ini penjualan bubur lambuk banyak dijumpai di Jalan Raja Alang, Jalan Raja Abdullah dan di Jalan Raja Muda Musa.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X