Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Film Pendek Istiqlal Soroti Hubungan Ayah dan Anak

Sabtu 24 Apr 2021 05:36 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah

Foto adegan film pendek Istiqlal produksi Kinovia dan Bineka Sinema.

Foto adegan film pendek Istiqlal produksi Kinovia dan Bineka Sinema.

Foto: Kinovia
Istiqlal merupakan proyek film pendek produksi Kinovia dan Bineka Sinema.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merayakan Ramadhan, sutradara Razny Mahardhika menghadirkan film pendek berjudul Istiqlal. Sinema menyoroti hubungan antara Babeh dan anaknya, Sobari, yang menempuh perjalanan menuju Masjid Istiqlal untuk berbuka puasa.

Tokoh Babeh digambarkan sebagai ayah yang perhatian terhadap Sobari, namun agak sok tahu. Sikap itu menyebabkan ayah-anak tersebut tersesat di perjalanan menuju Masjid Istiqlal. Kala tersesat di perjalanan, mereka akhirnya saling terbuka satu sama lain. 

Baca Juga

Menurut Razny, cerita tentang interaksi ayah dan anak dalam film itu ringan namun mengena. Latar kota Jakarta dalam film juga merepresentasikan cerita tentang perjalanan manusia secara personal pada setiap ruas jalan yang dilalui dalam hidup.

"Momen perjalanan ayah dan anak demi berbuka puasa di Masjid Istiqlal adalah momen sederhana yang dapat membuat hubungan mereka menjadi lebih kuat," kata Razny pada pernyataan resminya yang diterima Republika.co.id.

Produser film, Gerry Fairus, menuturkan bahwa Istiqlal dibuat dengan semangat berproses, saling dukung, dan saling percaya antarkru. Itu dianggap senada dengan apa yang diusung dalam film pendek Istiqlal, yaitu mengenai sebuah proses dan perjalanan.

"Harapannya, Istiqlal bisa menjadi sebuah perjalanan berproses yang penuh makna bagi kru, sekaligus pengalaman tentang memaknai suatu proses bagi penontonnya," tutur Gerry.

Istiqlal merupakan proyek film pendek produksi Kinovia dan Bineka Sinema. Pengembangan cerita film dimulai sejak 2018, setelah memenangkan pitching film pendek yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta. 

Film telah meraih sejumlah penghargaan. Ada Best Story di Panasonic Young Filmmaker 2019, Official Selection International Children’s Film Festival Bangladesh 2020, Top 10 Finalist Viddsee Juree Awards Indonesia 2020, dan Official Selection Jogja Asia-Netpac Film Festival 2020. 

Pencinta film bisa menyimak Istiqlal di kanal Youtube Kinovia ID mulai 23 April 2021. Sinema diharapkan memberi kehangatan hati bagi siapapun yang menyimak, teman ngabuburit di bulan Ramadhan, dan menjadi obat rindu bagi yang kangen dengan keluarga.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA