Kamis 22 Apr 2021 22:56 WIB

Kasus Kematian Akibat Covid-19 di DIY Bertambah 8 Orang

Kasus kematian akibat Covid-19 tersebar di Kulon Progo, Bantul dan Sleman

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pemuda Kampung Tanggap Bencana (KTB) Gamelan menyemprot rumah duka di Gamelan, Yogyakarta, Rabu (20/1). Setiap ada orang meninggal, KTB Gamelan akan menyemprot disinfektan rumah duka. Hal ini untuk memberikan  kenyamanan penghuni rumah duka usai menjadi tempat berkumpul. Serta untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pemuda Kampung Tanggap Bencana (KTB) Gamelan menyemprot rumah duka di Gamelan, Yogyakarta, Rabu (20/1). Setiap ada orang meninggal, KTB Gamelan akan menyemprot disinfektan rumah duka. Hal ini untuk memberikan kenyamanan penghuni rumah duka usai menjadi tempat berkumpul. Serta untuk mencegah penyebaran Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kasus kematian Covid-19 masih terus meningkat dengan dilaporkannya delapan kasus pada 22 April 2021 ini. Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, total kematian Covid-19 di DIY sudah mencapai 972 kasus.

Berty menjelaskan, delapan kasus meninggal dunia tersebut tersebar di Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul yang masing-masingnya menyumbang dua kasus meninggal. Kabupaten Gunungkidul dan Kota Yogyakarta menyumbang masing-masing satu kasus meninggal dunia.

"Per 22 April ini persentase kematian Covid-19 di DIY sebesar 2,45 persen," kata Berty, Kamis (22/4).

Selain itu, kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 juga meningkat sebanyak 257 kasus. Ratusan kasus baru ini juga dilaporkan di lima kabupaten/kota se-DIY. Tertinggi dipegang oleh Sleman dengan jumlah 97 kasus baru. Disusul Kulon Progo yang menyumbang 46 kasus baru, Gunungkidul menyumbang 43 kasus baru, Bantul menyumbang 39 kasus baru dan Kota Yogyakarta menyumbang 32 kasus baru.

"Tambahan 257 kasus baru tersebut merupakan hasil pemeriksaan terhadap 1.009 spesimen dari 980 orang di DIY," ujar Berty.

Sebagian besar kasus baru yang dilaporkan hari ini merupakan riwayat tracing (pelacakan) kontak kasus. Setidaknya, 203 kasus baru merupakan riwayat tracing. 30 kasus baru merupakan riwayat periksa mandiri, namun riwayat dari 24 kasus baru lainnya belum diketahui. Berty menuturkan, secara kumulatif total kasus positif yang ada di DIY hingga saat ini sudah mencapai 37.846 kasus.

"Untuk kasus aktif sendiri saat ini ada 4.493 kasus," jelasnya.

Meskipun kasus baru masih terus meningkat di DIY, hal ini juga diikuti dengan penambahan kesembuhan Covid-19. Pada 22 April ini dilaporkan tambahan 274 kasus sembuh.

Kulon Progo memegang rekor tertinggi tambahan kesembuhan yakni 133 kasus sembuh. Sementara itu, di Bantul dilaporkan tambahan 97 kasus sembuh, di Kota Yogyakarta ada tambahan 33 kasus sembuh, enam kasus sembuh dilaporkan di Sleman dan lima kasus sembuh di Gunungkidul.

Secara total, kesembuhan Covid-19 di DIY sudah menyentuh angka 32.426 kasus. Persentase kesembuhan sendiri meningkat dalam 24 jam terakhir ini menjadi 85,68 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement