Tips Agar Tetap Sehat Saat Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani

Kamis 22 Apr 2021 16:05 WIB

Ilustrasi Berpuasa Foto: Pixabay Ilustrasi Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan diyakini adalah waktu untuk refleksi, sholat, dan persaudaraan. Bulan ini juga merupakan waktu ketika orang lebih sadar akan kesehatan dan makanan yang mereka makan.

Pertanyaan seperti "Makanan berbuka puasa dan sahur yang sehat terdiri dari apa?"  dan "Berapa banyak yang harus saya makan jika saya berpuasa sepanjang hari?"  sering ditanyakan.

Ahli Gizi Klinis di Healthbay Clinic Dubai menjawab pertanyaan Al Arabiya English tentang kebiasaan sehat yang harus dimiliki orang selama Ramadhan. Berikut beberapa pertanyaan serta tips terbaik yang bisa diikuti  agar tetap sehat dari Alarabiya English.

Makanan berbuka puasa yang sehat harus terdiri dari apa?

Makanan berbuka puasa yang sehat terdiri dari dua bagian, kata Abdelghany, menambahkan bahwa mereka yang berpuasa harus berbuka puasa dengan satu atau dua kurma, diikuti dengan segelas air dan secangkir yogurt atau sup rendah lemak.

“Sup hangat menenangkan perut setelah hari yang panjang berpuasa, mengisi kembali tubuh Anda dengan cairan, dan membantu mempersiapkan sistem pencernaan untuk makanan yang diberkahi ini,” katanya.

Menurutnya, sebaiknya hindari sup berbahan dasar krim instan karena mengandung banyak kalori serta tinggi natrium, dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan lambung.  Alternatif yang lebih baik termasuk sup sayur.

Makanan utama harus terdiri dari banyak protein - seperti daging, ayam, ikan, atau kacang-kacangan - dengan tambahan sayuran dan karbohidrat.

 “Cobalah untuk selalu mulai dengan protein dan sayuran dan tambahkan dengan karbohidrat dan makanan pembuka untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan protein Anda sebelum merasa kenyang,” kata Abdelghany.

“Sedangkan untuk makanan pembuka dan kue kering, cobalah untuk membatasi ini menjadi satu atau dua potong dan pastikan mereka dipanggang dan tidak digoreng.”

Haruskah orang makan lebih banyak dari biasanya selama Ramadhan karena mereka tidak makan sepanjang hari?  Bagaimana mereka bisa memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi yang cukup?

Orang tidak boleh makan berlebihan pada malam hari untuk memperhitungkan puasa di siang hari, menurut Abdelghany.

“Tubuh manusia dibuat berpuasa.  Faktanya, nenek moyang kita selalu berpuasa berjam-jam karena kelangkaan makanan, jadi sangat wajar jika tubuh kita berpuasa, "katanya.

Makan berlebihan, juga kurang makan, selama Ramadhan tidak disarankan, katanya.

“Kita harus memenuhi kebutuhan kita tidak hanya dalam hal kalori tetapi juga dalam hal protein, karbohidrat, sayuran, cairan, serat, vitamin dan mineral," jelasnya.

“Untuk memastikan kita mendapatkan nutrisi yang cukup, kita harus bertujuan untuk makan dua kali dan satu kudapan selama jendela makan: Makanan berbuka puasa yang sehat dan seimbang, camilan dua atau tiga jam kemudian, dan kemudian makan sahur seimbang yang sehat sebelum tidur atau subuh.  ”

Apakah sehat minum kopi atau minuman berkafein setelah berbuka puasa?  Apakah ada alternatif yang lebih baik untuk orang yang kecanduan?

“Kafein dan minuman berkafein adalah diuretik, yang menyebabkan hilangnya cairan dan meningkatkan risiko hidrasi,” kata Abdelghany.

Satu hingga tiga cangkir kopi sehari dianggap jumlah sedang, selama mereka yang berpuasa memastikan mereka minum cukup air bersama dengan itu untuk mengganti kehilangan cairan, menurut ahli gizi tersebut.

“Ada juga alternatif lain yang lebih rendah kafeinnya, seperti teh.  Bagi mereka yang ingin minum lebih banyak kopi tetapi khawatir tentang dehidrasi, mereka dapat minum satu cangkir kopi dan dua sampai tiga cangkir teh selama jam non-puasa,"terangnya. Alkhaledi Kurnialam