Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tak Ikut Sholat Jenazah Orang Tua Meski Hadir di Lokasi?

Rabu 21 Apr 2021 21:45 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Sholat jenazah hukumnya adalah fardhu kifayah. Ilustrasi sholat jenazah

Sholat jenazah hukumnya adalah fardhu kifayah. Ilustrasi sholat jenazah

Foto: Antara/Ahmad
Sholat jenazah hukumnya adalah fardhu kifayah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Sebuah pertanyaan datang kepada Dar Al-Ifta (Lembaga Fatwa) Mesir terkait hukum anak yang enggan sholat jenazah entah ibunda atau ayahandanya, meski sang anak ada di lokasi.   

Dilansir dari laman Masrawy pada Rabu (21/4), pertanyaan ini langsung dijawab anggota Komisi Fatwa Dar Al-Ifta, Dr Ahmed Mamdouh. Pertanyaan ini dijawab saat siaran langsung melalui Facebook. 

Baca Juga

Dia mengatakan, sholat jenazah ini hukumnya fardu kifayah atau kewajiban yang gugur bila sudah ditunaikan sebagian orang. Sholat ini merupakan sesuatu yang syariah, dan harus dilakukan Muslim, tanpa mempertimbangkan siapa pun dia secara khusus.  

Mamdouh menekankan, siapa pun yang melewatkan sholat jenazah untuk orang tuanya dengan suatu alasan dia akan menderita dan menyesal, terlebih lagi mereka yang tidak melakukannya tanpa alasan yang jelas. 

Dalam fatwa Mesir sebelumnya oleh Dar al-Ifta Mesir tentang hukum mengulang sholat bagi orang yang meninggal yang telah disholatkan di masjid atau diulang beberapa kali, Dr Ahmed Al-Tayeb, menjawab bahwa sholat jenazah yang telah disholatkan di masjid diperbolehkan. Sedangkan sebagian besar ulama percaya bahwa shalat jenazah tidak diulangi untuk si mayit kecuali jika wali tidak hadir. 

 

Sumber: masrawy

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA