Unhas Gelar Mengaji Bahas Keajaiban Berpuasa

Red: Agung Sasongko

 Rabu 21 Apr 2021 17:41 WIB

Ilustrasi Berpuasa Foto: Prayogi/Republika Ilustrasi Berpuasa

Banyak penelitian menunjukkan pengaruh puasa bagi kesehatan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Gerakan Unhas Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB). Kali ini fokus membahas keajaiban puasa bagi kesehatan tubuh.

Penceramah Prof dr H Veny Hadju PhD , menyampaikan Allah SWT pada hakikatnya menciptakan manusia yang memiliki proteksi tubuh dari berbagai penyakitHal ini juga tentunya didukung dengan makanan yang halal dan baik serta tidak berlebihan.

Baca Juga

'Ia menjelaskan banyak penelitian menunjukkan pengaruh puasa bagi kesehatan tubuh.Seorang ahli bedah saluran cerna dan memeriksa usus melalui endoskopi pada ratusan ribu pasien di Jepang dan USA mengatakan sering berpuasa akan memberikan usus yang terbaik.

Penelitian lain juga disampaikan oleh Andrea Wider Ilmuwan Amerika, Ahli Gizi yang masuk Islam setelah meneliti manfaat puasa sebulan Ramadhan, dimana terjadi perbaikan sel dan kekebalan tubuh meningkat 10 kali lipat.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof. dr Budu PhD menyampaikan rasa syukur atas kepercayaan kepada FK Unhas sebagai tuan rumah.Menurutnya, gerakan ini merupakan salah satu karunia karena bertepatan pada bulan suci Ramadhan.

Hadirnya GUMSB akan lebih memperkuat iman dan meningkatkan amalan dan sejenak menyingkirkan kegiatan duniawi.Prof. Budu juga menambahkan selain GUMSB, Unhas secara aktif menghadirkan berbagai kegiatan positif selama bulan suci Ramadhan seperti menyediakan sajian buka puasa dan beberapa kegiatan keagamaan lainnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X