Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Allah SWT Memiliki Bala Tentara di Bumi, Siapa Saja Mereka?

Rabu 21 Apr 2021 05:45 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Bala tentara Allah SWT di muka bumi terdiri dari malaikat hingga benda. Langit malam (ilustrasi).

Bala tentara Allah SWT di muka bumi terdiri dari malaikat hingga benda. Langit malam (ilustrasi).

Foto: funfurl.com
Bala tentara Allah SWT di muka bumi terdiri dari malaikat hingga benda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah ﷻ menciptakan segala sesuatunya yang berada di bumi dan langit dengan tujuan dan kebijaksanaan yang diinginkan-Nya. Termasuk perihal bala tentara Allah.  

Dikutip dari laman Mawdoo3 pada Senin (19/4), ada sejumlah tentara Allah, baik dari makhluk hidup maupun benda mati. 

Salah satu tentara Allah yakni makhluk yang tercipta dari cahaya, malaikat. Allah telah mengirimkan bala tentaranya, malaikat, untuk membantu Rasulullah ﷺ dalam Perang Badar. Malaikat hadir untuk mendukung orang-orang beriman, dan menjadi cambuk bagi orang kafir. Allah SWT berfirman:

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ أَنِّي مُمِدُّكُمْ بِأَلْفٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُرْدِفِينَ وَمَا جَعَلَهُ اللَّهُ إِلَّا بُشْرَىٰ وَلِتَطْمَئِنَّ بِهِ قُلُوبُكُمْ ۚ وَمَا النَّصْرُ إِلَّا مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

"(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, 'Sungguh, Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut'. Dan tidaklah Allah menjadikannya melainkan sebagai kabar gembira agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana," (QS Al Anfal ayat 9-10). 

Di samping itu, tentara Allah di Bumi yakni utusan Allah, para rasul, nabi, dan orang-orang yang senantiasa menegakkan Agama Islam senantiasa berada dalam perintah Rabb-nya. Mereka yang menjauhkan larangan, menegakkan hukum Allah SWT, tidak diragukan lagi mereka merupakan bala tentara Allah. 

Selanjutnya bala tentara Allah dari benda mati dan lainnya yakni mereka yang diperintahkan Allah SWT sebagai penolong. Contohnya, matahari yang pernah menahan agar tidak terbenam terlebih dahulu untuk membantu salah satu nabi dalam mengalahkan musuh. Kemudian bulan yang pernah terbelah menjadi dua bagian, sebagai tanda mukjizat dari Rasulullah ﷺ.  

Demikian pula laut, berubah menjadi daratan kering, dan berdiri seperti rentetan besar bagi Nabi Musa ‘alaihissalam, dan orang-orang yang bersamanya untuk melewati lautan.    

Sumber: mawdoo3

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA