Selasa 20 Apr 2021 07:52 WIB

Kasus Covid-19 di India Tinggi, Harga Minyak Dunia Turun

India jadi negara yang terkena dampak terburuk kedua setelah AS.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi kilang minyak
Foto: AP
Ilustrasi kilang minyak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peningkatan kasus penularan covid-19 di India yang cukup signifikan Senin (19/4) membuat harga minyak dunia turut terdampak. Harga minyak mengalami penurunan tipis.

Dilansir dari Al-Jazeera, ANZ Research menjelaskan minyak dunia acuan Brent mengalami penurunan 17 sen atau 0,3 persen pada penutupan Senin (19/4). Tercatat harga minyak dunia acuan Brent berada di angka 66,6 dolar AS per barel. Sedangkan acuan WTI turun 10 sen atau 0,2 persen menjadi 63,03 dolar AS per barel.

"Upaya vaksinasi sempat membuat optimisme harga minyak dunia. Namun kasus outbreak di India membuat gejolak perekonomian kembali memutar balikan kondisi pemulihan ekonomi di beberapa negara," tulis laporan ANZ Research, Selasa (20/4).

India melaporkan rekor peningkatan infeksi virus corona 273.810 pada Senin, meningkatkan kasus secara keseluruhan menjadi lebih dari 15 juta. Ini menjadikan negara itu negara yang terkena dampak terburuk kedua setelah AS, yang telah melaporkan lebih dari 31 juta infeksi. Kematian India akibat Covid-19 naik dengan rekor 1.619 menjadi hampir 180.000.

Pemerintah India bahkan memutuskan untuk menutup pergerakan orang dan barang di wilayah New Delhi. Beberapa negara Asia, seperti Hong Kong, Pakistan, Filipina bahkan menutup semua penerbangan dari dan ke India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement