Senin 19 Apr 2021 10:26 WIB

Ini Daftar 12 Klub yang Sepakat Gabung Liga Super Eropa

12 klub sepak bola terkemuka di Eropa hari ini berkumpul

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
logo uefa
Foto: football italia
logo uefa

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Terpajang nama 12 klub sepak bola asal Eropa yang dilaporkan telah setuju untuk mengikuti turnamen Liga Super Eropa. Dalam 12 nama tidak tercantum klub-klub asal Ligue1 Prancis, dan Bundesliga Jerman.

"12 klub sepak bola terkemuka di Eropa hari ini berkumpul untuk mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk membentuk kompetisi tengah pekan yang baru, Liga Super, yang diatur oleh Klub Pendiri," demikian pernyataan tersebur dilansir Football London, Senin (19/4).

Adapun 12 klub yang telah sepakat untuk gabung adalah AC Milan, Arsenal, Atletico de Madrid, Chelsea, FC Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Adapun klub Bundesliga Jerman dan Ligue1 Prancis memutuskan untuk menolak tawaran tersebut. Sementara, wacana Liga Super Eropa dibangun oleh Asosiasi Klub Eropa (ECA), yang dipelopori 16 klub dan sampai saat ini memiliki 232 member.

Bos Juventus Andrea Agnelli menjabat sebagai presiden ECA. Pun, diharapkan bahwa tiga klub lagi akan bergabung menjelang musim perdana untuk dinulai secepat mungkin.

"12 Klub Pendiri mewakili miliaran penggemar di seluruh dunia dan 99 trofi Eropa. Kami telah bersatu pada saat kritis ini, memungkinkan kompetisi Eropa untuk diubah, menempatkan permainan yang kami sukai pada pijakan yang berkelanjutan untuk masa depan jangka panjang," kata Agnelli.

Sementara itu, wacana bergulirnya Liga Super Eropa sudah ditentang FIFA, dan UEFA sebagai rumah untuk klub-klub Benua Biru. Ancamannya pun mengerikan dengan tim dan pemain tidak boleh bermain di kompetisi domestik pun level tim nasional.

FA Inggris serta Liga Primer Inggris sudah ikut mengecam Liga Super Eropa. Kehadiran kompetisi itu bakal menghancurkan impian untuk bersaing menjadi yang terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement