Soal Joseph, Waketum MUI Imbau Umat Islam Tenang

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas | Foto: Republika TV/Havid Al Vizki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengutuk tindakan kegaduhan yang telah dilakukan Joseph Paul Zhang. Dia mengatakan, Joseph telah menghina Nabi Muhammad SAW dan melecehkan ajaran Islam.

"Hal ini tentu harus mendapat perhatian khusus dari pihak kepolisian dan Kapolri sudah turun tangan dan akan mengambil langkah-langkah serta akan menindak si pelaku dengan tegas," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima, Ahad (18/4).

Baca Juga

Untuk itu, Anwar mengimbau umat Islam untuk tenang dan mempercayakan penyelesaian masalah ini kepada pihak kepolisian. Sebab, dia menilai pihak kepolisian tidak akan tinggal diam dan siap mengambil langkah-langkah.

"Kita patut memberikan rasa hormat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak Kapolri yang telah langsung memberikan instruksi kepada bawahannya untuk menangkap si pelaku. Untuk itu kita tunggu saja," tuturnya.

Anwar meyakini, dalam waktu yang tidak terlalu lama, youtuber dengan nama akun Joseph Paul Zhang itu sudah bisa ditangkap dan diamankan oleh pihak kepolisian. Karena kapolri dalam masalah ini jelas tidak akan membiarkan ada orang dan pihak-pihak tertentu yang menghina serta merendahkan Nabi dan agama orang lain.

Sebelumnya, Joseph diduga melakukan penistaan agama Islam dengan melakukan diskusi daring melalui Zoom yang kemudian diunggah ke saluran Youtube miliknya dengan judul Puasa Lalim Islam. Dalam video diskusi itu, ia mengatakan Allah SWT dikurung di Ka'bah.

Tak hanya sampai di sana, Joseph menantang siapa pun untuk melaporkan dirinya kepada pihak berwajib. Ia juga menawarkan imbalan masing-masing sebesar Rp 1 juta kepada lima pelapor pertama.

"Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26 Josep Fauzan meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulan yang maha cabul,” ujar Joseph dalam video itu. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


MUI Minta Polisi Segera Lacak Keberadaan Jozeph

Jozeph Paul Menguji Nyali Umat Islam

PBNU Imbau Publik tak Terprovokasi Ulah Joseph Paul Zhang

Fraksi PKS Minta Polri Segera Tangkap Jozeph Paul Zhang

Umat Islam Tak Usah Terpancing dengan Hinaan Paul Zhang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image