Perlu Dicontoh, Cara Nabi Muhammad Berpuasa Ramadhan

Rep: Syahrudin El-Fikri/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 18 Apr 2021 07:45 WIB

Perlu Dicontoh, Cara Nabi Muhammad Berpuasa Ramadhan Foto: Republika.co.id Perlu Dicontoh, Cara Nabi Muhammad Berpuasa Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa Ramadhan yang dijalankan Nabi Muhammad SAW menjadi contoh bagi umat Islam. Tak mudah mengikuti seperti apa yang diberikan dan disampaikan oleh Rasul SAW. Sebab, Rasulullah adalah teladan terbaik bagi seluruh umat manusia.

Dalam Alquran, Allah memuji Rasulullah SAW sebagai suri teladan yang baik bagi umat. "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS al-Ahzab [33]: 21). Hal ini menunjukkan akhlak dan pribadinya sangat baik dan mulia.

Baca Juga

Bahkan, dalam salah satu hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA dinyatakan akhlak Rasulullah SAW itu senantiasa merujuk pada Alquran. Karena itu, sudah selayaknya umat Islam mencontoh dan meneladani kepribadian Rasulullah SAW dalam segala hal, termasuk puasa.

Berikut beberapa cara yang biasa dilakukan Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah puasa dan menghidupkan Ramadhan.

Baca jugaBerapa Kali Nabi Berpuasa Ramadhan dalam Hidupnya?