Ahad 18 Apr 2021 00:38 WIB

Arkeolog Temukan Jejak Kaki Dinosaurus Seukuran Kucing

Jejak kaki dibuat oleh dinosaurus herbivora lapis baja yang dikenal stegosaurus.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Tim ahli paleontologi internasional telah menemukan satu jejak kaki stegosaurus kecil, yang ditinggalkan 100 juta tahun lalu.
Foto: Lida Xing
Tim ahli paleontologi internasional telah menemukan satu jejak kaki stegosaurus kecil, yang ditinggalkan 100 juta tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,  QUEENSLAND -- Tim ahli paleontologi internasional telah menemukan satu jejak kaki stegosaurus kecil, yang ditinggalkan 100 juta tahun lalu. Jejak itu ditemukan tempat yang sekarang menjadi Provinsi Xinjiang di China utara.

"Jejak kaki ini dibuat oleh dinosaurus herbivora dikenal secara luas sebagai stegosaurus," kata Anthony Romilio, ahli paleontologi dari Universitas Queensland yang merupakan bagian dari tim peneliti, dilansir di Cosmos Magazine, Sabtu (17/4).

Baca Juga

"Seperti stegosaurus, dinosaurus kecil ini mungkin memiliki paku di ekornya dan lempengan tulang di sepanjang punggungnya saat dewasa," tambahnya.

Jejak kaki itu adalah cetakan stegosaurus terkecil di dunia, berukuran panjang kurang dari 6 cm. Panjang dinosaurus itu mungkin hanya 60 cm, dan itu dianggap remaja.

Ahli paleontologi telah menemukan 10 situs jejak kuno lainnya di daerah tersebut. Jejak yang pertama ditemukan pada tahun 2011, menunjukkan jejak kaki burung purba dan dua jenis dinosaurus karnivora.

"Satu jenis seukuran anjing besar, meskipun panjangnya hanya lebih dari dua meter, dan yang lainnya adalah pemakan daging seukuran burung merpati," kata Romilio.

Namun lokasi trek baru ini didominasi oleh jejak kaki dinosaurus pemakan tumbuhan (Deltapodus curriei), kebanyakan dewasa dengan ukuran sepanjang sekitar 30 cm. Hanya ada satu ukuran kecil dari usia remaja di antara kekacauan trek.

Jejak kaki stegosaurus seukuran kucing memiliki karakteristik yang sama dengan jejak kaki yang lebih besar, dengan tiga jari kaki pendek, lebar, dan bulat. Tetapi tidak memanjang seperti yang lain, menunjukkan bahwa stegosaurus muda mungkin berjalan dengan cara berbeda.

Romilio menjelaskan, stegosaurus biasanya berjalan dengan tumit di tanah, seperti halnya manusia.

"Jejak kecil menunjukkan bahwa dinosaurus ini telah bergerak dengan tumitnya terangkat dari tanah, seperti yang dilakukan burung atau kucing saat ini. Kami sebelumnya hanya melihat jejak yang diperpendek seperti ini saat dinosaurus berjalan dengan dua kaki," kata Romilio.

Para peneliti menyarankan bahwa dinosaurus remaja ini mungkin telah berjalan dengan jari kaki mereka dan secara bertahap beralih ke berjalan tumit seiring bertambahnya usia.

Jejak kaki (sejenis jejak fosil) diberi nama Deltapodus curriei. Para peneliti berpikir bahwa ini diciptakan oleh spesies Wuerhasaurus homheni, yang merupakan satu-satunya stegosaurus yang ditemukan di daerah tersebut dan diketahui dari tulang (fosil tubuh).

Jejaknya dibuat di atas permukaan berlumpur di tepi danau purba. Jejak ini kemudian tertutup oleh air yang sarat pasir. Setelah ribuan tahun, lumpur berubah menjadi batu lumpur, dan pasir menjadi batu pasir.

Romilio menjelaskan, batu lumpur jauh lebih lembut daripada batu pasir, sehingga sebagian besar jejak fosil ditemukan sebagai gips yang diisi batu pasir.

Jejak dinosaurus terkenal lainnya termasuk yang ditemukan di dekat Broome di Australia Barat, tempat jejak kaki stegosaurus ditemukan berukuran panjang hingga 80 cm.

Penelitian yang dipimpin oleh Lida Xing dari China University of Geosciences di Beijing ini dipublikasikan di jurnal Palaios.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement