Monday, 21 Jumadil Akhir 1443 / 24 January 2022

Niat, Tata Cara, Hingga Keutamaan Sholat Tarawih

Selasa 20 Apr 2021 05:12 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Niat, Tata Cara, Hingga Keutamaan Shalat Tarawih

Niat, Tata Cara, Hingga Keutamaan Shalat Tarawih

Agar dapat banyak amalan ibadah, selain puasa lakukan juga sholat tarawaih.

Bagi umat yang beragama Islam, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti kedatangannya. Karena pada bulan yang dianggap suci inilah umat Islam menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Pada bulan Ramadhan, banyak orang berlomba-lomba melakukan amalan dengan tujuan untuk lebih mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Salah satu contoh amalan yang rutin dan banyak dilakukan oleh kebanyakan orang di bulan puasa adalah shalat tarawih. Sholat tarawih merupakan sholat Sunnah yang pengerjaannya pada malam hari selama bulan Ramadhan. Waktu pengerjaannya, yakni sesudah melaksanakan sholat isya’ dan sebelum shalat witir.

Sholat tarawih ini hanya bisa dikerjakan selama bulan Ramadhan saja, yaitu satu bulan dalam satu tahun. Karena itu banyak sekali orang yang tidak ingin meninggalkan sholat tarawih.

Agar sholat tarawih lebih khusyuk dan kamu mendapatkan amalan ibadah yang berlimpah selama satu bulan penuh, simak niat, tata cara hingga keutamaan sholat tarawih.

 

Niat Sholat Tarawih

Niat sholar

Niat sholat tarawih

Sebelum menjalankan ibadah sholat tarawih, tentu saja harus disertai dengan niat sholat pada umumnya. Niat merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk dilakukan karena merupakan rukun wajib sholat tarawih. Niat ini dibaca ketika sebelum melaksanakan sholat, tepatnya sebelum takbiratul ihram.

Niat sholat tarawih memiliki berbagai macam jenisnya. Sesuai dengan jumlah atau tipe jamaahnya, yakni niat sholat tarawih sendiri, sebagai imam, atau sebagai makmum. Berikut ini beberapa bacaan niat sholat tarawih yang perlu kamu ketahui.

  • Niat Sholat Tarawih Sendiri
Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “Saya niat sholat sunnah Tarawih 2 rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT.”

  • Niat Sholat Tarawih Untuk Imam
Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: ” Saya niat sholat sunnah Tarawih 2 rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam fardhu karena Allah SWT.”

  • Niat Sholat Tarawih Untuk Makmum
Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: ”Saya niat sholat sunnah Tarawih 2 rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

Sebagai tambahan, niat sholat tarawih tersebut berdasarkan rakaat yang berjumlah 2 rakaat. Untuk bacaan niat sholat tarawih 4 rakaat bisa mengubah niatnya yang semula 2 rakaat menjadi 4 rakaat. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa perbedaan pendapat oleh para ulama tentang jumlah 4 rakaat shalat tarawih ini.

Baca Juga: Jadwal Puasa 2021 dan Tips Lancar Berpuasa Ramadhan Biar Berkah

Tata Cara Sholat Tarawih

Setelah mengetahui niat serta keutamaan sholat tarawih, saatnya mengetahui bagaimana tata cara sholat tarawih yang benar. Berikut ini urutan tata cara sholat tarawih yang bisa kamu ikuti sendiri.

  1. Membaca niat
  2. Melaksanakan Takbiratul Ihram
  3. Membaca surah Al-Fatihah
  4. Membaca satu surah pendek
  5. Rukuk dengan tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud yang pertama
  8. Bangun, duduk di antara dua sujud
  9. Sujud yang kedua
  10. Berdiri, mengulang gerakan untuk rakaat kedua
  11. Tahiyat akhir rakaat kedua
  12. Salam
  13. Membaca Istighfar
Baca Juga: Jangan sia-siakan Bulan Ramadhan, Yuk Dulang Pahala dengan Amalan Ibadah dan Kebaikan ini!

Keutamaan Sholat Tarawih

tarawih

Keutamaan sholat tarawih

Dikerjakan di bulan suci Ramadhan, sholat tarawih memiliki berbagai keutamaan bagi siapapun yang mengerjakannya. Hukum sholat tarawih sendiri yakni Sunnah muakkad, yang berarti sangat dianjurkan untuk dilakukan. Tak hanya sekadar shalat biasa, sholat tarawih juga bisa dijadikan sebagai saran menimba pahala dan ilmu. 

Berikut ini beberapa keutamaan sholat tarawih yang perlu kamu ketahui.

1. Mendapatkan Pahala Berjalan ke Masjid

Terakhir, keutamaan sholat tarawih yang lain yaitu mendapatkan pahala atas kemauan seseorang berjalan ke masjid. Sesuai dengan hadits riwayat Shahih HR. Abu Daud dan Tirmidzi, pahala berjalan ke masjid ini sangat besar. 

2. Meningkatkan Silaturahmi

Umat muslim yang menjalankan Sunnah shalat tarawih di masjid akan bertemu dengan tetangga, saudara, dan teman. Pertemuan ini secara tidak langsung akan mempererat tali silaturahmi antar sesama muslim. Keutamaan ini bisa didapatkan ketika menunaikan shalat tarawih secara berjamaah.

3. Mendapatkan Pahala Semalam Penuh

Keutamaan kedua, yaitu diberikan pahala sholat selama semalam suntuk. Keutamaan sholat tarawih yang satu ini juga didukung oleh beberapa hadits. Adapun hadits-hadits tersebut diriwayatkan oleh HR. Ahmad dan HR. Tirmidzi.

4. Sarana Pembelajaran 

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa sholat tarawih juga memiliki keutamaan di bidang pembelajaran. Imam sholat tarawih biasanya akan memberikan siraman informasi Islam maupun rohani. Bagi para pemuda, ceramah ini akan sangat berguna sebagai sarana belajar.

5. Sehat Jasmani dan Rohani

Keutamaan keempat yaitu dengan melakukan sholat tarawih, seseorang bisa mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani sekaligus. Kesehatan jasmani didapatkan karena sholat tarawih membuat tubuh terasa seperti berolahraga ringan. Sedangkan kesehatan rohani didapatkan dari siraman ceramah dari Imam.

Banyak Ibadah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu umat islam sebab di bulan ini juga disebut sebagai bulan penuh rahmat. Untuk mendapatkan rahmat tersebut, tentunya kamu harus banyak beribadah kepada Allah SWT. Bukan hanya melaksanakan puasa dan sholat tarawih saja, tapi juga lakukan sedekah, membaca al-quran dan lainnya.

Baca Juga: Panduan Resmi Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2021 dari Kementerian Agama

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA