REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pekan lalu, Rifat Sungkar terlibat dalam Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten. Dalam ajang itu, Rifat tampil menggunakan mobil Mistubishi Xpander AP4 berhasil jadi juara grup M.
Hal ini membuat fakta soal Xpander AP4 jadi menarik untuk didalami. Rifat pun sempat membongkar rahasia yang membuat mobil yang digunakanya mampu tampil tangguh saat melibas lintasan balap rally. Lewat channel YouTube Rifat Sungkar, ia mengungkap Xpander AP4 telah mengalami peningkatan kapasitas mesin dari 1,5 liter jadi 1,6 liter yang dilengkapi turbocharger.
Proses ubahan mesin sendiri dilakukan lewat engine swab dengan mesin 4B11. Selanjutnya, mesin yang digunakan pada Mitsubishi Evolution X itu mengalami penurunan kapasitas dari 2 liter menjadi 1,6 liter guna memenuhi regulasi AP4. Lewat racikan mesin itu, maka Xpander AP4 hadir dengan tenaga hingga 340 daya kuda yang ditunjang transmisi 6 speed sequential dan sistem penggerak all wheel drive.
Menurutnya, sejumlah bagian dalam Xpander AP4 juga diganti dengan part berbahan carbon. Selain itu, seluruh kaca juga diganti menggunakan bahan flexiglass. Dengan begitu, kaca pada Xpander AP4 lebih ringan sekitar 8 kilogram dan mampu mengurangi bobot kendaraan. Hal ini dibutuhkan guna menunjang kelincahan akselerasi kendaraan yang biasa dibutuhkan mobil rally."Seluruh penggantian itu dilakukan untuk dapat menekan bobot kendaraan. Dalam balap, memangkas bobot adalah segalanya," kata Rifat.
Selain itu, lay out mesin, kabin dan sejumlah bagian lain juga telah disesuaikan untuk memperoleh weight distribution yang optimal sehingga mobil mampu bermanuver dengan lebih gesit. Soal keamanan, mobil yang telah didukung sistem pengereman dari brembo ini juga ditunjang sistem pemadam api yang canggih. Menurutnya, Xpander AP4 hadir dengan pemadam kebakaran otomatis dengan nozzle yang terdapat pada bagian mesin, kabin dan bagian belakang.
Pengembangan Xpander AP4 ini merupakan hal yang cukup menantang karena ini merupakan mobil keluarga pertama dalam bentuk MPV yang terjun dalam dunia balap. Umumnya kendaraan yang digunakan untuk rally adalah sedan dua pintu atau hatchback yang berukuran lebih kecil yang dianggap lebih lincah dalam bermanuver. Meski demikian proses pengembangannya memakan waktu sekitar setahun. "Xpander ini sangat dekat dengan Indonesia. Dikembangkan di Indonesia dan dihadirkan sesuai dengan selera pasar Indonesia," ujarnya.