Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Ini 8 Rahasia Umur Panjang Pangeran Philip

Jumat 16 Apr 2021 14:03 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha

epa09123929 (FILE) - A picture dated 08 November 2012 shows Prince Philip, the Duke of Edinburgh meeting war veterans at the field of remembrance at Westminster Abbey in London, Britain. According to Royal Family, Prince Philip has died aged 99 on 09 April 2021.

epa09123929 (FILE) - A picture dated 08 November 2012 shows Prince Philip, the Duke of Edinburgh meeting war veterans at the field of remembrance at Westminster Abbey in London, Britain. According to Royal Family, Prince Philip has died aged 99 on 09 April 2021.

Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Pola hidup sehat berpengaruh pada harapan hidup seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangeran Philip menutup usia di umur 99 tahun pada 9 April 2021 atau dua bulan sebelum dia mencapai umur 100 tahun. Semasa hidupnya, Pangeran Philip dikenal sebagai sosok aktif dan memiliki gaya hidup sehat.

Di usia senjanya, Pangeran Philip masih mampu menjalani tugas sebagai anggota keluarga kerajaan senior dengan baik. Salah satunya, menjadi penyokong bagi lebih dari 800 organisasi. Meski tak lagi muda, Pangeran Philip juga tampak memiliki bentuk tubuh yang bugar dan terjaga dengan baik.

Baca Juga

Kehidupan Pangeran Philip seakan menjadi pengingat bahwa pola hidup yang aktif dan sehat dapat memberikan pengaruh besar terhadap harapan hidup seseorang. Kabar baiknya, tak perlu memiliki darah biru untuk bisa menerapkan pola hidup yang aktif dan sehat seperti Pangeran Philip.

Setidaknya ada delapan kebiasaan hidup Pangeran Philip yang memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan dan harapan hidup, serta patut dicontoh. Berikut ini adalah kedelapan kebiasaan hidup tersebut, seperti dilansir Independent.

1. Tetap Aktif

Saat tak menjalani tugas kerajaan, Pangeran Philip memanfaatkan waktu luangnya untuk melakukan kegiatan luar ruangan. Hingga 1971, Pangeran Philip merpakan seorang pemain polo. Setelah pensiun dari permainan polo, Pangeran Philip memilih kegiatan olahraga carriage driving.

Namun, olahraga yang paling sering dilakukan Pangeran Philip setiap hari adalah olahraga dengan metode HIIT. Olahraga yang dikenal dengan nama 'lima latihan dasar' atau 5BX ini berperan besar dalam menjaga kebugaran dan bentuk tubuh Pangeran Philips.

Latihan 5BX terdiri dari lima macam latihan aerobik yang dilakukan selama 11 menit. Lima macam latihan tersebut adalah peregangan, sit up, back extention, push up, dan lari di tempat.

2. Menjaga Ukuran Tubuh

Selama berpuluh-puluh tahun, Pangeran Philip mampu menjaga bentuk tubuhnya dan menggunakan ukuran pakaian yang sama. Bahkan, Pangeran Philip masih bisa menggunakan seragam yang dia pakai di hari pernikahannya bersama Ratu Elizabeth II pada 1947.

Menjaga bentuk tubuh dari kegemukan dinilai memainkan peran besar dalam umur panjang Pangeran Philip. Dengan menghindari kegemukan, Pangeran Philip dapat menurunkan risiko terhadap beragam penyakit kronis seperti kanker dan diabetes.

"Ukuran pinggangnya 31 saat saya pertama kali mengukurnya, dan sekarang (di usia 96 tahun) dia hanya 34. Sangat luar biasa. Saya tidak pernah menyingkirkan pakaian-pakaian lamanya," ujar penjahit pribadi sang pangeran John Kent.

3. Tidak Minum Alkohol Berlebih

Pangeran Philip sangat membatasi konsumsi minuman alkoholnya dan menghindari minum alkohol berlebih. Studi menunjukkan, kebiasaan minum alkohol berlebih dapat memberikan efek jangka pendek dan panjang yang membahayakan tubuh, termasuk peningkatan risiko kanker, masalah ginjal, penyakit hati, dan tekanan darah tinggi.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA