Jumat 16 Apr 2021 08:05 WIB

Miskin, Pengungsi Idlib tak Makan Daging Selama 3 Tahun

Pengungsi Idlib kekurangan sumber pendapatan untuk mempersiapkan Ramadhan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang anak yang keluar dari tempat pengungsian yang tidak layak di Idlib, Suriah. foto ilustrasi
Foto: The Guardian
Seorang anak yang keluar dari tempat pengungsian yang tidak layak di Idlib, Suriah. foto ilustrasi

IHRAM.CO.ID, IDLIB – Ribuan warga sipil yang mengungsi di kamp-kamp Idlib, barat laut Suriah menyambut Ramadhan dengan kesengsaraan. Mereka kekurangan sumber pendapatan untuk mempersiapkan Ramadhan.

Um Khader dan keluarganya melarikan diri dari daerah pedesaan Hama tiga tahun lalu. Serangan lanjutan oleh pasukan rezim Bashar al-Assad memaksa mereka untuk tinggal di kamp Atimah di Idlib. Khader mengatakan suaminya tidak bisa bekerja setelah tulang belakangnya dipukul.

Baca Juga

“Anak-anak saya tidak makan daging selama tiga tahun. Kami tidak melakukan persiapan apa pun untuk Ramadhan kecuali doa kami,” kata Khader, dilansir Anadolu Agency, Jumat (16/4).

Pedagang sayur dari kota Saraqib yang menjual sayur di kamp Atimah, Emad Khalid mengatakan sebagian besar penduduk kamp ttidak memiliki daya beli. Sebab, mereka kebanyakan menganggur dan kekurangan uang.

 

“Semoga Allah membantu para penghuni kamp. Saya berharap mereka dapat segera kembali ke tempat semula, di desa-desa mereka,” ucap dia. Sebagian besar penghuni kamp berbuka puasa selama Ramadhan dengan sedikit makanan dan tidak bisa membeli daging.

Keadaan pengungsi Idlib diperburuk oleh konflik yang terjadi lebih dari sepuluh tahun. Mereka masih mengalami kemiskinan di tengah pengangguran yang meluas.

Pengungsi lain, Khalid Sheiban mengatakan harga semua barang telah melonjak yang membuat sebagian besar pengungsi tidak mampu membeli kebutuhan pokok. Kondisi ini sama seperti Ramadhan tahun lalu.

“Kondisi kehidupan di sini tidak baik. Situasi keuangan kami buruk,” ujar dia.

Pada Mei 2017, Turki, Rusia dan Iran mengumumkan kesepakatan “zona de-eskalasi” sebagai bagian dari pembicaraan di Astana, Kazakhstan. Zona de-eskalasi mencakup provinsi Idlib, daerah Latakia, Hama dan Aleppo, daerah pedesaan utara provinsi Homs, Ghouta timur dan Al-Qunaitra dan Daraa di Suriah selatan.

Pasukan rezim dan kelompok pro-Iran, bagaimanapun melancarkan serangan di daerah tersebut dan menguasainya di bawah perlindungan udara dari Rusia. Pada Mei 2019, Turki dan Rusia menandatangani perjanjian di Moskow untuk gencatan senjata baru pada Maret 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement