Allah Memperkenalkan Hidup dan Mati

Red: Ani Nursalikah

Kamis 15 Apr 2021 08:26 WIB

Allah Memperkenalkan Hidup dan Mati Foto: Anadolu Agency Allah Memperkenalkan Hidup dan Mati

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Lutfi Effendi

Ramadhan telah tiba, kembali kami tampilkan uraian singkat tentang Al Qur’an sebagai tadarus singkat selama bulan Ramadhan. Tadarus ini, meneruskan tulisan sejenis yang diupload Ramadhan tahun lalu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Pada tulisan kali ini, ditampilkan Qs Al Baqarah ayat 28:

كَيْفَ تَكْفُرُوْنَ بِاللّٰهِ وَكُنْتُمْ اَمْوَاتًا فَاَحْيَاكُمْۚ ثُمَّ يُمِيْتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيْكُمْ ثُمَّ اِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Kaifa takfurụna billāhi wa kuntum amwātan fa aḥyākum, ṡumma yumītukum ṡumma yuḥyīkum ṡumma ilaihi turja’ụn

Bagaimana kamu ingkar kepada Allah, padahal kamu (tadinya) mati, lalu Dia menghidupkan kamu, kemudian Dia mematikan kamu lalu Dia menghidupkan kamu kembali. Kemudian kepada-Nyalah kamu dikembalikan (Qs Al Baqarah 28).

Dari ayat 28 surat Al Baqarah ini Allah memperkenalkan mati dan hidup. Bahwa asal muasal manusia itu adalah mati (amwātan), kemudian hidup (aḥyā), lalu mati, dan kemudiam hidup  lagi. Dalam kondisi hidup ini, manusia dikembalikan kepada Allah SwT.

Dalam hal pengembalian kepada Allah SwT ini ada dua tempat yang disiapkan oleh Allah SwT. Pertama, sebagaimana yang disebutkan dalam Al Baqarah ayat 24 adalah Neraka:

فَاِنْ لَّمْ تَفْعَلُوْا وَلَنْ تَفْعَلُوْا فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِيْ وَقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ ۖ

اُعِدَّتْ لِلْكٰفِرِيْنَ

Fa il lam taf’alụ wa lan taf’alụ fattaqun-nārallatī waqụduhan-nāsu wal-ḥijāratu u’iddat lil-kāfirīn

Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.(Al Baqarah 24)