Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Jokowi Minta Pemda Sisihkan APBD Bantu Korban PHK

Kamis 15 Apr 2021 08:08 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah untuk menyisihkan APBD-nya untuk membantu korban PHK terdampak Covid 19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah untuk menyisihkan APBD-nya untuk membantu korban PHK terdampak Covid 19.

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Akibat pademi Covid 19, tak sedikit perusahaan yang mem-PHK karyawannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepala daerah agar bisa turun tangan untuk mengatasi banyaknya PHK yang terjadi. Jokowi menyebutkan, tak sedikit perusahaan yang terpaksa berhenti beroperasi akibat pandemi Covid-19 dan terpaksa memangkas dan merumahkan karyawannya. 

Merespons kondisi tersebut, Jokowi meminta, kepala daerah menyisihkan anggaran daerahnya untuk program padat karya. Program padat karya seperti perbaikan jalan, pembangunan sekolah, hingga pembangunan irigasi inilah yang diyakini mampu menyerap tenaga kerja. 

"Saya minta juga APBD ini bisa memberikan pekerjaan kepada masyarakat di lapis bawah. Dengan cara perbanyak program padat karya untuk penciptaan  lapangan pekerjaan sambil menunggu ekonomi kembali pulih sepenuhnya," kata Presiden Jokowi. 

Selain penciptaan program padat karya, bantuan sosial juga diminta presiden agar cepat disalurkan. Menurutnya, pemda perlu menambal penyaluran bantuan ke titik-titik atau kelompok masyarakat yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah pusat. Bantuan, ujar presiden, juga bisa berbentuk akses modal untuk pelaku UMKM. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA