Kamis 15 Apr 2021 06:50 WIB

Erdogan: PM Italia Sangat tak Sopan dan tidak Hormat

Draghi dinilai telah merusak hubungan antara Turki dan Italia.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto: AP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menuduh Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, berperilaku kurang ajar dan tidak hormat, Rabu (14/4). Pernyataan ini menjadi balasan setelah pemimpin Italia itu menyebut Erdogan sebagai sosok diktator.

"Pernyataan yang dibuat oleh perdana menteri Italia adalah sangat tidak sopan dan tidak hormat," kata Erdogan.

Baca Juga

Dalam komentar publik pertama tentang masalah ini, Erdogan mengatakan pada sebuah acara di Ankara, bahwa Draghi telah merusak hubungan antara Turki dan Italia. Dia menegaskan bahwa Perdana Menteri Italia itu tidak memiliki legitimasi demokratis untuk membuat kritik semacam itu.

"Di saat kami berharap hubungan Turki-Italia bisa mencapai titik yang baik, dengan membuat pernyataan ini, pria bernama Draghi ini sayangnya telah merusak hubungan di antara kami," kata Presiden Turki ini.

Pekan lalu, Draghi mengatakan Erdogan telah mempermalukan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, selama kunjungannya ke Ankara. Dia menegaskan penting bersikap berterus terang terhadap sosok diktator.

"Agar Anda dapat membuat pernyataan seperti itu tentang Tayyip Erdogan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui sejarah Anda sendiri. Namun, kami melihat bahwa Anda tidak demikian," kata Erdogan dengan merujuk pada diktator fasis Benito Mussolini.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement