Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Alasan Pentingnya Ajarkan Anak Sholat dan Bagaimana Caranya?

Rabu 14 Apr 2021 17:31 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Mendidik anak sholat merupakan kewajiban kedua orang tua. Anak sholat berjamaah di Masjid (Ilustrasi)

Mendidik anak sholat merupakan kewajiban kedua orang tua. Anak sholat berjamaah di Masjid (Ilustrasi)

Foto: Republika
Mendidik anak sholat merupakan kewajiban kedua orang tua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Orang tua memiliki tanggung jawab penuh atas keluarganya dan juga dalam mendidik anak-anaknya menuju kebaikan dan kebenaran.

Termasuk dalam urusan mendidik anak-anak sholat. Allah SWT berfirman dalam Surat At Tahrim ayat 6: 

Baca Juga

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS At Tarhim: 6). 

Ini yang menjadi penegasan hak anak atas orang tuanya. Rasulullah SAW bersabda: وإن لولدك عليك حقاً  "… dan sesungguhnya anakmu memiliki hak atasmu." (HR Muslim) 

Dalam mengasuh anak-anak penting untuk mencintai, menjaga, dan memperhatikan sholat mereka. Hal ini sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda:

مُرُوا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ "Perintahlah anak-anak kalian untuk melakukan sholat saat mereka berumur tujuh tahun, pukullah mereka (jika tidak melaksanakan sholat) saat mereka telah berumur sepuluh tahun, dan pisahlah tempat tidur di antara mereka." (HR Abu Daud).

Dilansir dari laman Islamweb pada Rabu (14/4), metode terpenting dalam menanamkan perhatian sholat di dalam hati anak-anak, di antaranya:

1. Jadilah teladan yang baik, orang tua merupakan teladan bagi anaknya. Setiap tindakan orang tua dipandang baik oleh mereka. Maka ayah perlu rajin untuk sholat berjamaah di masjid 

2. Pastikan untuk membawanya ke masjid dan menghubungkannya ke akhirat 

3. Dorongan dan motivasi dengan berbagai cara, termasuk: memuji dia saat sholat, memberikan hadiah dan mengajaknya jalan-jalan ke tempat yang anak sukai 

4. Banyak berdoa untuk anak-anak 

5. Penggunaan metode pengajaran modern 

6. Mengajari dia etika ke masjid 

 

Sumber: islamweb

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA