Mengajari Anak Ramadhan Bukan Hanya tentang Makanan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 14 Apr 2021 12:45 WIB

Mengajari Anak Ramadhan Bukan Hanya tentang Makanan Foto: Yogi Ardhi/Republika Mengajari Anak Ramadhan Bukan Hanya tentang Makanan

Orang tua sebaiknya memberi contoh pada anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak kebaikan yang bisa kita bagikan pada anak saat bulan Ramadhan. Misalnya, orang tua memberikan contoh saat berbuka puasa lebih baik dengan makan secara sederhana, menunaikan sholat tarawih, membaca Alquran dan sebagainya. Dengan begitu, anak akan mengetahui makna bulan Ramadhan.

"Jadi, bekali diri Anda dengan pengetahuan Islam dan cara yang tepat untuk menjalankan Ramadhan. Kemudian, ajari anak-anak Anda apa yang harus dilakukan di bulan puasa," kata Rekan Peneliti di Institute for Social Science Studies Community Education and Youth Studies Laboratory, Universiti Putra Malaysia Abdul Lateef Krauss Abdullah  dikutip dari About Islam.

Baca Juga

Ia melanjutkan tidak ada salahnya menyiapkan menu buka puasa yang menyenangkan. Namun, harus ada penjelasan kalau makanan pembuka puasa apa adanya atau sederhana.

Selain itu, selalu penting orang tua jujur ​​kepada anak-anak tentang masalah tersebut. "Jadi, mungkin Anda bisa memberi contoh bagi anak Anda dengan buka puasa dengan cara yang lebih sederhana dengan tidak makan berlebihan," kata dia.

Menurutnya, yang terbaik adalah selalu memulai dengan diri sendiri sebagai teladan. Sebagai orang tua, itu berarti akan terus melakukannya dan berdampak pada anak-anak setidaknya dalam beberapa hal kecil.

Baca juga : Tips Latih Anak Berpuasa di Tengah Pandemi

"Yang terpenting, praktikkan dan ajak anak Anda mempraktikkannya bersama Anda. Insya Allah, itu akan menjadi contoh yang lebih kuat bagi mereka daripada apa yang mereka lihat di sekitar mereka," kata dia.

 

 

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-parenting/child-development/how-to-teach-kids-ramadan-isnt-about-food/

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X