Rabu 14 Apr 2021 08:49 WIB

Film You and I Rilis di Bioskop Online

'You and I' bercerita tentang dua sahabat yang bertemu di penjara.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
'You and I' bercerita tentang dua sahabat yang bertemu di penjara.
Foto: Public Domain Pictures
'You and I' bercerita tentang dua sahabat yang bertemu di penjara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bioskop Online resmi merilis konten orisinil terbaru, film dokumenter bertajuk "You and I". Bekerjasama dengan KawanKawan Media, film ini bercerita tentang Kaminah dan Kusdalini, dua sahabat yang dipertemukan di penjara.

Kisah film ini akan menunjukkan bagaimana sosok Kaminah dan Kusdalini mengenang kehidupan pahit mereka sebagai mantan tahanan politik pada 1965 lalu dan berusaha tak melupakan sejarah kelam yang pernah mereka lewati. Dikemas menjadi sebuah film dokumenter, film You and I dapat disaksikan di aplikasi Bioskop Online sejak 9 April 2021. 

Baca Juga

Kisah persahabatan yang unik dari sepasang mantan tahanan politik ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri, bahkan mampu menguras air mata penonton. Fanny Chotimah, sebagai sutradara ingin menyuarakan keadilan. Bahwa apa yang dialami Kaminah dan Kusdalini adalah bentuk ketidakadilan, yang mungkin dialami siapa saja. Kisah mereka adalah sebuah ironi kehidupan. 

“Terlepas dari keyakinan politik mereka, dipenjara tanpa proses peradilan seperti yang telah mereka alami adalah bentuk ketidakadilan. Jika itu terjadi pada mereka, bukan tidak mungkin juga terjadi pada kita. Ini yang menjadi perhatian saya. Saya percaya pada keadilan dan kemanusiaan," kata Fanny dalam keterangn tertulis yang diterima republika.co.id pada Rabu (14/4).

 

Film dokumenter You and I arahan sutradara Fanny Chotimah berhasil menyabet berbagai penghargaan dari luar dan dalam negeri. Film yang menyorot persahabatan antara Kaminah dan Kusdalini itu berhasil memenangkan penghargaan luar negeri seperti Asian Perspective Award dari 12th DMZ International Documentary Film Festival dan terpilih mendapat Official Selection di Asian Vision dari Singapore International Film Festival 2020. 

Sementara dari dalam negeri, film You and I juga memenangkan Film Dokumenter Panjang Terbaik dari Festival Film Indonesia 2020. Ajeng Parameswari selaku President Digital Visinema Group menuturkan bahwa Bioskop Online sangat mengapresiasi karya-karya anak bangsa dan menjadi wadah para sineas Indonesia untuk membagikan karya mereka dalam berbagai format.

Mulai dari film panjang, film pendek, hingga film dokumenter. Salah satunya adalah film "You and I" yang sudah terbukti meraih beragam penghargaan baik di dalam negeri maupun internasional.

“Kami melihat You and I sebagai sebuah dokumenter berkualitas yang begitu humanis dalam menceritakan kisah Mbah Kaminah & Mbah Kusdalini, yang sudah hidup bersama selama 50 tahun sejak mereka keluar dari penjara. Semoga film ini bisa dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat,” ujar Ajeng.

Film You and I telah dirilis di aplikasi Bioskop Online, dengan tiket seharga mulai dari Rp 10 ribu. Saat ini aplikasi Bioskop Online juga sudah bisa diunduh melalui App Store dan Google Play Store.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement