Tips Latih Anak Berpuasa di Tengah Pandemi

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

 Rabu 14 Apr 2021 06:33 WIB

Ilustrasi Anak Berpuasa. Foto: Republika/Yogi Ardhi Ilustrasi Anak Berpuasa.

Jangan paksakan anak untuk berpuasa bila dalam kondisi kurang sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini, untuk kedua kalinya ummat Muslim menjalani ibadah puasa Ramadhan di tengah pandemi Covid-19. Situasi ini mungkin memberikan tantangan tersendiri bagi orang tua yang sedang melatih anak mereka untuk mulai berpuasa.

Direktur Pendidikan Sekolah Berbasis Karakter Genius Islamic School (GIS) Eva Nawiyah mengungkapkan hal pertama yang perlu dilakukan orang tua adalah melatih anak berpuasa semampunya. Jangan paksakan anak untuk berpuasa bila dalam kondisi kurang sehat.

Selama menjalani puasa, orang tua dapat membantu memilihkan aktivitas yang seru dan bermanfaat untuk anak. Aktivitas-aktivitas ini akan membantu anak agar tidak merasa jenuh saat berpuasa.

Orang tua juga disarankan untuk meluangkan waktu berasama anak. Orang tua dapat mengisi waktu ini untuk memberikan edukasi dan pemahaman yang baik mengenai ibadah puasa kepada anak.

"Luangkan waktu untuk anak, bercerita tentang hal yang membatalkan dan hikmah berpuasa," jelas Eva kepada Republika.co.id.

Penting juga bagi orang tua untuk memebrikan contoh atau teladan yang baik kepada anak saat berpuasa. Jangan lupa untuk memberikan pujian dan apresiasi terhadap usaha anak dalam berpuasa.

Baca juga : Hidangan Berbuka Puasa: Dari Kolak Pisang Hingga Qatayef

Eva juga menyarankan orang tua untuk menyiapkan menu makan favorit anak saat sahur dan berbuka puasa. Tentu makanan yang dipersiapkan sebaiknya makanan yang bergizi dan sehat.

"Pastikan kebersihannya saat memesan makanan melalui layanan online," kata Eva.

Penting juga untuk melatih anak agar terbiasa mencuci tangan dengan sabun sebelum menyantap makanan saat sahur dan berbuka. Mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, Eva menyarankan agar orang tua membatasi kegiatan keluar rumah, kecuali bila ada hal yang penting atau mendesak. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker.

"Hindari berbuka puasa di lokasi yang berpotensi kerumunan," papar Eva.

Baca Juga

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X