Rabu 14 Apr 2021 03:30 WIB

Pemulung Viral di Medsos Ini Dapat Santunan dari Le Minerale

Meskipun hidup pas-pasan, tetapi Abah Sarwan tidak pernah mengeluh.

Abah Sarwan sedang mengumpulkan botol plastik hasil memulung.
Foto: Dok. Pri
Abah Sarwan sedang mengumpulkan botol plastik hasil memulung.

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG – Kisah Abah Sarwan, seorang kakek berusia 75 tahun yang bekerja sebagai pemulung, seperti yang dilansir oleh akun Instagram @partners_in_goodness menarik perhatian banyak orang. Selama memulung menggunakan sepeda tuanya, Abah Sarwan hanya berbekal minum air keran setiap harinya. 

Meskipun hidup pas-pasan, tetapi Abah Sarwan tidak pernah mengeluh dan tetap semangat bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Selama 30 tahun terakhir, ia hanya tinggal berdua bersama istrinya di rumah cukup sederhana berukuran 40 bata, sedangkan ketiga anaknya sudah menikah dan tidak tinggal bersama lagi dengannya. 

Melihat peran Abah Sarwan yang merupakan seorang pemulung, yang mana pemulung merupakan garis terdepan untuk kelestarian lingkungan, Le Minerale tergerak untuk membantunya. Mereka menyalurkan bantuan berupa uang tunai, kebutuhan sehari-hari dan juga peralatan untuk menunjang pekerjaan Abah Sarwan di kediamannya di Kampung Krajan III, Desa Kediri, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, Jawa Barat, akhir pekan kemarin.

"Kisah Abah Sarwan kami ketahui melalui sosial media dan kami pun merasa terpanggil untuk membantunya. Kami sangat bersimpati dengan sosok Abah Sarwan yang di usia senjanya masih gigih bekerja dengan mengumpulkan sampah plastik untuk menghidupi keluarganya," ujar Febri Hutama selaku Marketing Manager Le Minerale, Selasa (13/4).

Abah Sarwan pun sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan dan berharap ke depannya masyarakat lebih menghargai dan memahami peranan pemulung yang memiliki dampak positif untuk lingkungan. 

"Terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Le Minerale kepada saya dan keluarga, semua barang-barang ini sangat berguna untuk mendukung pekerjaan saya sehingga pendapatan meningkat serta mempermudah dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari." ucap Abah Sarwan.

Le Mineral diketahui memiliki kemitraan strategis untuk menyejahterakan kehidupan para pemulung di Indonesia melalui kerjasamanya dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI). Kegiatannya beragam, seperti pemberian beasiswa pendidikan untuk anak pemulung, membentuk kawasan industri pemulung, membentuk koperasi pemulung dan juga pemberian bantuan berupa alat untuk mendukung pemilahan sampah.

"Kami sangat berterimakasih atas dukungan dan kepeduliannya terhadap kesejahteraan pemulung. Apa yang Le Minerale lakukan tidak hanya demi pendidikan saja, namun juga sebagai upaya turut meningkatkan taraf hidup para pemulung," ungkap Prispolly Lengkong, Ketua Umum IPI.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement