Selasa 13 Apr 2021 11:36 WIB

Tembus Rekor, Defisit Anggaran AS Capai Rp 24.650 Triliun

Total pengeluaran pada paruh pertama mencapai dua kali lipat dari pendapatan.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Seorang warga berdiri di depan papan reklame di K Street Washington, Amerika Serikat, baru-baru ini. Defisit anggaran AS pada paruh pertama tahun fiskal 2021 mencapai 1,7 triliun dolar AS.
Foto: AP Photo/Andrew Harnik
Seorang warga berdiri di depan papan reklame di K Street Washington, Amerika Serikat, baru-baru ini. Defisit anggaran AS pada paruh pertama tahun fiskal 2021 mencapai 1,7 triliun dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Defisit anggaran federal AS lebih dari dua kali lipat ke rekor pada paruh pertama tahun fiskal di tengah gelombang baru pembayaran. Adapun stimulus ini untuk melindungi orang Amerika dari pandemi virus korona yang terus-menerus.

Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Selasa (13/4) defisit bulan lalu mencapai 659,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 9.564 triliun (kurs Rp 14.500 per dolar AS), rekor terbesar ketiga dan terbesar sejak Juni lalu, membengkak total dari Oktober hingga Maret menjadi 1,71 triliun dolar AS atau sekitar Rp 24.650 triliun.

Baca Juga

Menurut laporan Departemen Keuangan total enam bulan dibandingkan dengan 743,5 miliar dolar AS pada periode tahun sebelumnya. Pada Maret 2020, defisitnya mencapai 119 miliar dolar AS, yang tidak mencerminkan gelombang pertama pembayaran dalam Undang-Undang Peduli yang disetujui akhir bulan itu.

Pengeluaran Maret 2021 termasuk 339 miliar dolar AS dalam pembayaran bantuan pandemi langsung sebesar 1.400 dolar AS per orang, lalu disahkan berdasarkan tagihan rencana penyelamatan Amerika senilai 1,9 triliun dolar AS yang disahkan bulan lalu. Dengan pembayaran tambahan dalam kereta api, undang-undang itu akan memperluas kesenjangan fiskal lebih dari satu triliun dolar AS tahun ini dan lebih dari setengah triliun pada fiskal 2022.

 

Sementara para pengamat khawatir bahwa pengeluaran yang dipicu defisit akan meningkatkan inflasi dan membuat AS kurang diminati oleh investor, sentimen di Washington telah bergeser, dengan berkurangnya kekhawatiran relatif terhadap beberapa dekade yang lalu. Suku bunga tetap rendah secara global selama beberapa dekade, menawarkan lebih banyak ruang untuk pengeluaran pemerintah.

Meski begitu, untuk menanggapi kekhawatiran defisit jangka panjang, paket infrastruktur dan pekerjaan senilai 2,25 triliun dolar AS yang diusulkan oleh presiden mencakup kenaikan tarif pajak perusahaan, dan gelombang belanja sosial baru yang direncanakan kemungkinan akan mencakup pungutan yang lebih tinggi pada orang kaya. individu.

Adapun total pengeluaran pada paruh pertama tahun fiskal sebesar 3,41 triliun dolar AS, dua kali lipat tingkat pendapatan. Setahun lalu, pengeluaran selama enam bulan mencapai 2,35 triliun dolar AS dengan penerimaan 1,6 triliun dolar AS.

Pada Maret, total pengeluaran mencapai 927,2 miliar dolar AS, naik dari 355,8 miliar dolar AS setahun sebelumnya. Pendapatan naik kurang dramatis, menjadi 267,6 miliar dolar AS dari 236,8 miliar dolar AS. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement