Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Mendag dan Ridwan Kamil Pantau Harga  di Bandung

Selasa 13 Apr 2021 09:56 WIB

Red: Agus Yulianto

Mendag M Lutfi memantau perkembangan harga kebutuhan pokok.

Mendag M Lutfi memantau perkembangan harga kebutuhan pokok.

Foto: Republika/Febrian Fachri
Dalam pantauannya, ada beberapa komoditas  mengalami kenaikan dan ada yang turun.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Kang Emil memantau harga kebutuhan pokok di Kota Bandung, Selasa (13/4), atau pada hari pertama puasa Ramadhan 2021. Lokasi pertama yang dikunjungi oleh Mendag Lutfi dan Kang Emil ialah Pasar Kosambi Bandung.

Di Pasar Kosambi, Mendag dan Kang Emil berdialog dengan sejumlah pedagang di kios sayuran, beras dan kios daging ayam. "Gimana harga daging ayam hari ini pak," tanya Mendag Lutfi kepada salah seorang pedagang ayam di Pasar Kosambi. Mendag mendapati harganya (daging ayam) hari ini Rp 42 ribu. Sebelumnya 32 ribu per kg. 

"Saya dapat barangnya dari bandar di Lembang," ujar pedagang ayam tersebut. Pada kesempatan tersebut, Mendag Lutfi juga membeli 2 kg telur ayam di Pasar Kosambi. 

Lutfi mengatakan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Bandung, Jawa Barat relatif stabil pada hari pertama puasa Ramadhan 2021. "Kita bisa lihat secara keseluruhan harga barang pokok dan penting ini sebenarnya stabil ya, apalagi kalau kita lihat dari bulan Januari kemarin," kata dia. 

Berdasarkan pemantauannya, harga kebutuhan pokok yang stabil di antaranya gula dan beras jenis premium dan medium bahkan harga beras di Kota Bandung lebih rendah dibandingkan harga eceran nasional. Harga beras premium yang dijual salah satu kios di Pasar Kosambi Kota Bandung adalah Rp12 ribu per kilogramnya.

Dia menuturkan, ada beberapa komoditas kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan dan ada juga yang turun. Komoditas kebutuhan pokok yang harganya mengalami kenaikan di Pasar Kosambi Kota Bandung adalah minyak goreng. "Saya bisa lihat yang naik itu adalah minyak goreng, seperti yang kita ketahui bahwa minyak goreng itu feedstock-nya adalah CPO. Dan CPO tahun ini harganya hampir 40 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pelaku industri untuk memastikan adanya suplai yang lebih untuk bahan baku minyak goreng selama puasa Ramadhan tahun ini supaya harga minyak goreng tidak terlalu tinggi naiknya. Komoditas kebutuhan pokok di Pasar Kosambi yang harganya turun ialah cabai rawit dan cabai merah. "Untuk cabai rawit merah tadi sudah turun di angka Rp 80 ribu per kilogramnya dan cabai merah juga turun jadi Rp 70 ribu," kata Mendag Lutfi.

Lebih lanjut Mendag mengatakan pihaknya akan memastikan akan melakukan pemantauan terhadap sejumlah komoditas kebutuhan pokok masyarakat selama Ramadhan ini agar tetap terjaga stoknya dan stabil harganya.

Usai memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Kosambi, Mendag Lutfi dan Kang Emil melanjutkan peninjauan ke Pasar Sederhana Kota Bandung.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA