UAS Berbagi Cara Memaksimalkan Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 13 Apr 2021 09:13 WIB

UAS Berbagi Cara Memaksimalkan Ramadhan. Ustadz Abdul Somad. Foto: Republika/Putra M. Akbar UAS Berbagi Cara Memaksimalkan Ramadhan. Ustadz Abdul Somad.

Muslim sebaiknya mempersiapkan kebutuhannya saat Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Muslim memiliki berbagai kebiasaan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Ada yang mendekorasi rumah mereka, membeli berbagai kebutuhan pokok atau banyak budaya lainnya.

Dai ternama Ustadz Abdul Somad (UAS) memberikan beberapa panduan bagi Muslim untuk memaksimalkan Ramadhan, seperti yang dijelaskan UAS dalam video Youtube resminya. Menurutnya, penting bagi umat Islam membersihkan diri. Pembersihan diri ini dilakukan baik membersihkan hati maupun fisik.

Baca Juga

Penting juga bagi seorang Muslim untuk mempersiapkan kebutuhannya saat Ramadhan. Kebutuhan ini mencakup makanan hingga perlengkapan ibadah untuk menghadapi Ramadhan.

“Belanja banyak-banyak, kalau masak kolak untuk istri, suami, anak, masaklah untuk 10 porsi. Antar ke masjid, ada anak yatim, fakir miskin, musafir untuk berbagi makanan,” ujarnya saat menyampaikan ceramah di Pengadilan Negeri Kabupaten Pelalawan, Maret lalu.

UAS mengisahkan kebiasaan masyarakat Mesir yang membuat tempat berbuka gratis selama Ramadhan. “Empat kali Ramadhan tidak pernah saya masak untuk berbuka, berbuka gratis di Mesir,” ujarnya.

Melimpahnya ampunan dan berkah pada bulan suci Ramadhan tentunya membuat banyak orang berlomba-lomba melakukan kebaikan. Namun, ia menyebut amal kebaikan yang dilakukan saat Ramadhan sangat baik jika dilakukan pada bulan-bulan lain.

“Integrias itu penting, integritas terus atau istiqamah,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X