Selasa 13 Apr 2021 07:21 WIB

Microsoft Bakal Beli Nuance Seharga Rp 232 Triliun

Akuisisi tersebut dilakukan untuk meningkatkan bisnis perawatan kesehatan Microsoft.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Microsoft
Foto: EPA
Microsoft

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Microsoft Corp berencana akan membeli perusahaan kecerdasan buatan dan teknologi ucapan Nuance Communications Inc seharga sekitar 16 miliar dolar AS miliar atau sekitar Rp 232 triliun (kurs Rp 14.500 per dolar AS). Akuisisi tersebut dilakukan untuk meningkatkan bisnis perawatan kesehatan.

“Akuisisi ini membawa teknologi kami langsung ke dalam lingkaran dokter dan pasien, yang merupakan pusat dari semua pemberian layanan kesehatan,” kata CEO Microsoft Satya Nadella dikutip dari Reuters, Senin (12/4).

Baca Juga

Nadella mengungkapkan, akuisisi tersebut juga akan memperluas kepemimpinan Microsoft dalam perusahaan lintas industri dan keamanan biometrik. Kesepakatan tersebut muncul setelah perusahaan bermitra pada 2019 untuk mengotomatiskan pekerjaan administrasi klinis seperti dokumentasi.

Nuance Communications dikenal sebagai perintis teknologi ucapan dan membantu meluncurkan asisten Siri, Apple Inc. Nuance Communications telah melipatgandakan perawatan kesehatan.

 

Analis di Wedbush Dan Ives mengatakan Nuance Communications saat ini berada di tengah perubahan haluan strategis yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir. Ives yakin, Nuance Communications dapat mewakili aset yang unik di bidang perawatan kesehatan untuk Microsoft.

“Kami juga yakin Microsoft dapat lebih jauh mengintegrasikan teknologi ucapan canggih Nuance ke seluruh ekosistem konsumen dan perusahaannya selama beberapa tahun mendatang,” ungkap Ives.

Nuance Communications yang berbasis di Burlington, Massachusetts  sudah beroperasi di 28 negara. Perusahaan tersebut melaporkan pendapatan mencapai 1,5 miliar dolar AS pada 2020. Nuance Communications juga melayani 77 persen rumah sakit di Amerika Serikat dengan memberikan layanan solusi cerdas termasuk pengenalan ucapan klinis, transkripsi medis, dan penggambaran medis. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement