Selasa 13 Apr 2021 01:15 WIB

Korea Selatan Berencana Produksi Vaksin Novavax

Proses produksi Vaksin Novavax dapat dilakukan paling cepat pada Juni.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Kantor pusat Novavax di Maryland, Amerika Serikat.
Foto: EPA
Kantor pusat Novavax di Maryland, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan (Korsel) berencana memproduksi vaksin Covid-19 Novavax. Hal itu diharapkan dapat mengamankan pasokan vaksin untuk kebutuhan dalam negeri. 

Menteri Kesehatan Korsel Kwon Deok-cheol mengungkapkan perusahaan yang bakal menjadi produsen lokal adalah SK Bioscience Co. Dia menyebut proses produksi dapat dilakukan paling cepat pada Juni. 

Baca Juga

Kwon mengatakan SK Bioscience Co dapat memasok 20 juta dosis pada akhir kuartal ketiga. “Kami akan dapat mengamankan vaksin dengan cara yang lebih stabil jika produksi dalam negeri dimulai, mengingat meningkatnya ketidakpastian pasokan di seluruh dunia,” katanya pada Senin (12/4). 

Kementerian Kesehatan Korsel juga mengatakan lima perusahaan lokal hendak memulai uji coba fase ketiga vaksin yang mereka kembangkan sendiri akhir tahun ini. Lima perusahaan itu adalah SK Bioscience, EuBiologics Co, Cellid Co, Genexine Inc, dan GeneOne Life Science.

Pemerintah Korsel berencana menyediakan dana sebesar 68,7 miliar won untuk keperluan pengembangan vaksin dalam negeri. Korsel memulai kampanye vaksinasi pada Februari lalu. Ia menargetkan mencapai kekebalan kelompok bagi 52 juta populasinya pada November mendatang.

Otoritas Korsel telah memberlakukan kembali larangan klub malam, bar karaoke, dan fasilitas hiburan malam lainnya. Hal itu menyusul terus munculnya klaster dari pertemuan-pertemuan kecil.  Sejauh ini Korsel telah mencatatkan 110.146 kasus Covid-19 dengan 1.770 kematian.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement