Senin 12 Apr 2021 03:13 WIB

Cukur Sheffield, Arsenal Hidupkan Peluang ke Liga Europa

Arsenal sukses mencukur Sheffield United dengan tiga gol tanpa balas.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Joko Sadewo
Striker Arsenal Alexandre Lacazette menjebol gawang Sheffield United dalam laga Liga Inggris, Senin (12/4) dini hari WIB.
Foto: istimewa/tangkapan layar
Striker Arsenal Alexandre Lacazette menjebol gawang Sheffield United dalam laga Liga Inggris, Senin (12/4) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sheffield United lagi-lagi kehilangan poin saat menjamu Arsenal dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Bramall Lane, Senin (11/4) dini hari WIB. Bermain di kandang sendiri , Sheffield justru dicukur The Gunners dengan skor 3-0.

Kekalahan ini membuat Sheffield makin terpuruk di dasar klasemen. Mereka hanya mengumpulkan 14 poin dari 31 pertandingan. Tercatat mereka sudah menelan 25 kali kekalahan dan hanya menang 4 kali serta 2 kali seri.

 

Sementara bagi Arsenal, kemenangan ini membuat mereka kembali menyalakan persaingan untuk mendapat tiket setidaknya Liga Europa. Kini, mereka berada di posisi kesembilan klasemen sementara Liga Inggris dengan 45 poin. Mereka terpaut selisih poin yang kecil dengan Tottenham (49 poin), Everton (47 poin).

 

Jalannya Laga:

 

Arsenal tampil agresif sejak menit awal melawan tim juru kunci. Tim tamu tak segan memberikan tekanan, Martinelli langsung mengancam pada menit kedua ketika menemukan ruang di depan gawang. Namun, tembakannya masih terlalu tinggi.

Tim tuan rumah baru melihat peluang mereka pada menit ke-10 saat Osborn melepaskan umpan terobosan kepada McGoldrick yang lari di antara Mari dan Xhaka. Namun, sentuhannya yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang masih sedikit melebar.

Pada menit ke-24, Arsenal melancarkan serangan balik cepat dengan umpan jauh dari Lacazette kepada Martinelli di sisi kiri. Peluang itu gagal karena si striker memilih untuk memberikam penetrasi ke gawang sendirian dari pada mengumpannya ke tengah.

Baca juga : Tol Layang Japek Ganti Nama Jadi Sheikh Mohamed Bin Zayed

Lacazette akhirnya memecah kebuntuan dengan mencetak angka untuk Arsenal pada menit ke-33. Itu adalah gol luar biasa dengan Arsenal memainkan bola satu sentuhan yang cepat.

Bermula dari Lacazette kemudian ke Saka, lalu ke Ceballos dan kembali lagi ke Lacazette untuk sentuhan terakhir sebelum menggetarkan gawang Sheffield United. The Gunners pun memimpin 1-0.

Tuan rumah berusaha menekan untuk mengejar ketertinggalan. Tapi, banyak kesalahan yang mereka lakukan dan justru menguntungkan tim tamu. Skor bertahan 1-0 bagi Arsenal hingga turun minum.

Pada babak kedua, Sheffield bisa bertahan dengan lebih baik. Mereka menjaga bola dengan baik pada beberapa menit pertama, tetapi tetap kesulitan untuk membongkar pertahanan Arsenal.

Hingga pada menit ke-70, Sheffield justru semakin tertinggal ketika Arsenal menggandakan keunggulan melalui gol yang diciptakan oleh Martinelli. Itu berawal dari kesalahan tuan rumah yang mencoba bermain-main di belakang.

Pepe merebut umpan ceroboh dari Lundsrram, yang langsung dilesakkan ke gawang. Ramsdale berhasil melakukan penyelamatan, tetapi rebound jatuh ke kaki Martinelli yang tidak menyiakan kesempatan untuk menambah angka. Arsenal pun unggul 2-0.

Permainan tim tuan rumah semakin berantakan setelah tertinggal dua angka. Pertahanan Sheffield dengan mudah ditembus oleh umpan dari Partey kepada Lacazette pada menit ke-85. Ia pun mencetak gol kedua atas namanya dalam pertandingan ini dan membawa Arsenal unggul 3-0.

Susunan pemain kedua tim:

Sheffield United (3-5-2): Aaron Ramsdale; John Egan, Ethan Ampadu, Enda Stevens; George Baldock, Oliver Norwood, John Lundstram, John Fleck, Ben Osborn; David McGoldrick, Oliver Burke.

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Calum Chambers, Rob Holding, Pablo Mari, Bukayo Saka; Granit Xhaka, Thomas Partey; Nicolas Pepe, Dani Ceballos, Gabriel Martinelli; Alexandre Lacazette.

 

Advertisement
Berita Lainnya