Ahad 11 Apr 2021 21:55 WIB

Studi: Antibodi Covid-19 Bisa Didapatkan Bayi Melalui ASI

Antibodi didapatkan dari ibu menyusui yang pernah terinfeksi atau vaksinasi Covid-19.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Antibodi didapatkan dari ibu menyusui yang pernah terinfeksi atau vaksinasi Covid-19.
Foto: Wikimedia
Antibodi didapatkan dari ibu menyusui yang pernah terinfeksi atau vaksinasi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Meski vaksin COVID-19 yang ada saat ini belum disetujui untuk bayi, ternyata ada cara lain bagi bayi untuk mendapatkan antibodi dalam tubuhnya. Hal itu bisa diwujudkan melalui ASI ibu yang telah divaksinasi.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan, antibodi dapat ditularkan dari ibu ke bayinya melalui menyusui. Penelitian sebelumnya mengamati ibu yang sendiri terinfeksi COVID-19. Dari penelitian itu muncul data yang juga melihat apakah ibu yang divaksinasi mungkin dapat meneruskan antibodi.

Baca Juga

Satu studi kecil, yang diterbitkan pada akhir Maret di American Journal of Obstetrics and Gynecology, melacak lima wanita selama beberapa bulan untuk mengukur berapa lama antibodi mungkin ada dalam ASI setelah vaksinasi. Dengan melihat sampel ASI yang diambil pada berbagai tahap, mereka menemukan,  masih terdapat antibodi pelindung dalam ASI wanita tersebut 80 hari setelah mereka divaksinasi dengan vaksin Pfizer.

“Penelitian kami menunjukkan peningkatan besar dalam antibodi terhadap virus COVID-19 dalam ASI mulai dua pekan setelah suntikan pertama, dan tanggapan ini dipertahankan selama penelitian kami, yang berlangsung hampir tiga bulan,” ujar penulis pertama dan asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Fakultas Kedokteran Universitas Washington, Jeannie Kelly, dilansir laman Ctv News, Ahad (11/4).

Dia melanjutkan, tingkat antibodi masih tinggi pada akhir penelitiannya. Kemungkinan perlindungannya akan lebih lama.

Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti apakah antibodi akan mencegah bayi tertular COVID-19, tingkat antibodi dalam ASI ditemukan mencapai tingkat kekebalan yang cukup. Tingkat antibodi itu terjadi lebih dari dua minggu setelah suntikan pertama.

“Jadi, mendapatkan vaksinasi saat menyusui tidak hanya melindungi ibu, tapi juga bisa melindungi bayinya, dan selama berbulan-bulan,” kata Kelly.

Asisten profesor pediatri di Universitas Washington dan penulis senior studi tersebut, Misty Good mengatakan dalam rilisnya, meskipun mereka dibatasi oleh sejumlah kecil peserta, penelitian tersebut masih menjadi berita yang menggembirakan.

“Makalah kami adalah yang pertama yang menunjukkan antibodi COVID-19 bertahan dalam ASI selama berbulan-bulan setelah vaksinasi ibu,” katanya.

Data awal lainnya tampaknya mendukung pekerjaan mereka. Studi terbaru lainnya, yang belum ditinjau sejawat mengamati sampel ASI dari 10 orang yang baru-baru ini divaksinasi dengan vaksin Moderna atau Pfizer. Mereka menemukan tingkat yang signifikan dari satu antibodi spesifik di dalamnya, yang disebut IgG.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian tentang fenomena tersebut, hal itu menggemakan penelitian sebelumnya yang menemukan ibu menyusui yang dites positif COVID-19 memberikan antibodi kepada anak-anak mereka melalui ASI. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Februari yang meneliti pertanyaan tersebut melaporkan bahwa bayi tidak perlu dipisahkan dari ibunya jika dia tertular COVID-19.

“Hasil awal ini menunjukkan bahwa ASI dari ibu yang pernah terinfeksi COVID-19 mengandung antibodi spesifik dan aktif untuk melawan virus, dan mereka tidak mentransfer virus melalui ASI,” ujar salah satu penulis studi dan asisten profesor. di Departemen Pediatri di University of Rochester Medical Center, Bridget Young.

Cara penularan atau perlindungan COVID-19 berfungsi saat berhubungan dengan kehamilan adalah pertanyaan yang terus berlanjut selama pandemi. Ada kekhawatiran sejak awal bahwa orang hamil mungkin menularkan COVID-19 ke anak mereka yang belum lahir.

Setidaknya satu penelitian menunjukkan bahwa meski ibu tidak menginfeksi anak mereka di dalam rahim, mereka menyebarkan antibodi untuk melawan COVID-19. Apakah antibodi yang diberikan oleh orang tua yang divaksinasi atau yang terinfeksi memberikan perlindungan yang cukup kepada anak, dan apakah perlindungan tersebut bertahan, adalah pertanyaan yang masih perlu dijawab.

Tetapi perusahaan vaksin sedang berupaya untuk memperluas vaksin mereka kepada anak-anak.Moderna sedang melakukan uji klinis di Kanada untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun. Sementara data Pfizer tentang penggunaan vaksin pada usia 12 hingga 15 tahun akan ditinjau oleh Health Canada pada beberapa pekan ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement