Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Tips Aman Ganti Velg Mobil

Ahad 11 Apr 2021 16:10 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

HSR Wheel menghadirkan rangkaian produk velg terbaru bernama Boroko Series yang hadir dengan gaya khas Japan Domestic Market (JDM).

HSR Wheel menghadirkan rangkaian produk velg terbaru bernama Boroko Series yang hadir dengan gaya khas Japan Domestic Market (JDM).

Foto: dok. HSR
Batas maksimal upgrade velg mobil dari ukuran standar adalah2 inchi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bagi sebagian pengendara, velg mobil bawaan pabrik dirasa kurang menunjang tampilan mobil. Oleh karena itu, tak sedikit pengendara yang kemudian melakukan penggantian velg.

Tentu, penggantian velg tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebab, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar mobil makin sedap di pandang tapi tetap terlihat proporsional dan perjalanan tetap aman dan nyaman.

HSR Wheel pun membagikan sejumlah kiat aman dalam melakukan penggantian velg. Marketing Director HSR Wheel, Hendra Wijaya mengatakan, biasanya penggantian velg dibarengi dengan penggantian velg yang diameternya lebih lebar.

"Batas maksimal upgrade velg mobil dari ukuran standar adalah2 inch. Jadi, misalkan ukuran standar velg mobil 14 inch, maka ukuran velg mobil tersebut bisa diupgrade hingga 16 inch. Ini dilakukan agar diameter roda mobil tetap sama dan ban tidak mentok dengan bagian spakbor,” kata Hendra dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Jumat (9/4).

Jika melebihi batas maksimal itu, maka nantinya bagian ban mobil berpotensi berbenturan dengan bagian spakbor terutama saat melewati jalan bergelombang. Jika benturan itu didiamkan terus menerus, bukan tidak mungkin lama-kelamaan spakbor akan mengalami kerusakan.

"Meningkatkan ukuran velg memang dapat dilakukan untuk menambah ketampanan sang mobil, Namun, perlu diketahui ada batas maksimal yang perlu diperhatikan agar penggantian tidak justru menimbulkan persoalan," ujarnya.

Selain itu, saat melakukan penggantian velg, pengendara juga perlu memperhatian pitch circle diameter (PCD) yang pas untuk mobil yang digunakan. Karena, PCD terbagi dalam beberapa ukuran seperti double PCD 4x100 dan 4x114, kemudian 5x100 dan 5x114.

Tips soal penggantian velg ini sendiri disampaikan oleh HSR Wheel sebagai edukasi bagi para pengendara yang ingin melakukan penggantian velg. Mengingat, saat ini sejumlah masyarakat tengah berbondong-bondong melakukan pembelian mobil baru untuk memanfaatkan momentuk relaksasi pajak.

Dari daftar mobil yang mendapatkan relaksasi pajak, HSR Wheel pun menyediakan velg dengan berbagai model. Diantaranya adalah velg HSR Kailolo dan HSR Nagano yang cocok untuk mobil seperti Honda City, Toyota Yaris dan Honda Brio RS.

Lalu, ada HSR Balige dan HSR Siak yang cocok untuk mobil jenis MPV seperti Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza. Serta ada HSR Tandam dan HSR Melawi yang cocok untuk SUV seperti Toyota Fortuner dan Honda BR-V.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA