Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Keutamaan Membaca Alquran

Ahad 11 Apr 2021 08:06 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani

Membaca Alquran

Membaca Alquran

Foto: Republika.co.id
Membaca Alquran lebih banyak pahala

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i karya Abu Ya'la Kurnaedi, membaca maupun mendengarkan Alquran mengandung kebaikan yang banyak. Nabi sendiri pernah mendengarkan Alquran dari Ibnu Mas'ud dan Sahabat lain.

Meski demikian, tilawah atau membaca Alquran lebih banyak pahalanya berdasarkan sabda beliau: "Barang siapa membaca satu huruf dari Kitabullah maka dia mendapatkan satu pahala, dan satu pahala dilipatgandakan menjadi 10 pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf,
tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf (Fatawa al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts al-Ilmiyyah awal Ifta).

Adapun membaca Alquran memiliki sejumlah keutamaan, di antaranya:
1. Perniagaan yang tidak pernah merugi
اِنَّ الَّذِيۡنَ يَتۡلُوۡنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنۡفَقُوۡا مِمَّا رَزَقۡنٰهُمۡ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرۡجُوۡنَ تِجَارَةً لَّنۡ تَبُوۡرَۙ اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَۙ

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukur" Alquran surat Al Fathur ayat 39-40.

Dalam ayat ini Allah menjanjikan kepada ahlul Quran (para pembaca al-Qur’an yang mengamalkannya) pahala yang besar, dan Dia memberikan tambahan kepada mereka karunia yang tidak diketahui besarnya kecuali oleh-Nya. Sungguh, beruntunglah orang-orang yang disifati sesuai dengan ayat tersebut.

Terkait dengannya, Imam Qatadah rahimahullah berkata, "Mutharrif, jika membaca ayat ini, berkata: 'Ini adalah ayat para qari'", tafsir Ibnu Katsir.

Imam al-Qurthubi berkata tentang ayat di atas: "Ini adalah ayat para qari yang mengamalkan (isinya) dan memahaminya", tafsir al-Qurthubi.

2. Memperoleh Pahala Yang Banyak
Ibnu Mas'ud Radhiyallahu Anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
من قرأ حرفا من كتاب الله فله حسنة والحسنة بعشر أمثالها لا أقول الم حرف ولكن ألف حرف ولام حرف وميم حرف

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf" hadits riwayat At-Tirmidzi.

3. Mendapatkan Syafaat Pada Hari Kiamat
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
اقرأوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأ صحابه

"Bacalah Alquran, sesungguhnya ia pada hari Kiamat akan datang memberi syafaat kepada pembacanya" hadits riwayat Muslim.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA