Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

BPIP Beri Pembekalan kepada Calon Anggota Paskibraka Jateng

Ahad 11 Apr 2021 07:15 WIB

Red: Gita Amanda

Seleksi calon Paskibraka 2021 (ilustrasi). BPIP memberikan pembekalan saat seleksi calon Paskibraka 2021 di Jateng.

Seleksi calon Paskibraka 2021 (ilustrasi). BPIP memberikan pembekalan saat seleksi calon Paskibraka 2021 di Jateng.

Foto: NOVRIAN ARBI/ANTARA
Jateng jadi provinsi pertama seleksi anggota Paskibraka 2021

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Jawa Tengah menjadi provinsi pertama yang menggelar proses seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2021. Pembekalan diberikan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam program percontohan yang berlangsung di Hotel Puri Garden, Tawangsari, Semarang Barat, Rabu (7/4) lalu.

Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agustina menyampaikan, telah terbit Perpres No.13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui Program Paskibraka. Ini kesempatan untuk berkontribusi lebih luas terhadap bangsa dan negara.

''Saya yakin, adik-adik peserta seleksi Paskibraka merasa bangga. Terpilih mewakili teman-teman lain. Peserta terpilih dari program ini akan menjadi wakil Jateng di tingkat nasional," ujar Rima dalam sambutan secara virtual, seperti dalam siaran pers, Ahad (11/4).

"Kehadiran adik-adik peserta di sini, bagian usaha pengabdian kepada bangsa dan negara. Diharapkan pula pelecut semangat bagi yang lain untuk senantiasa meraih prestasi,'' sambungnya.

Apresiasi diberikan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho Rachmadi. Terlebih ada beberapa daerah yang ternyata tidak melaksanakan seleksi namun melakukan penunjukkan, karena kondisi yang ada.

''Mereka yang dikirim dari hasil seleksi kabupaten /kota, kami terima dan telah bergabung di kegiatan ini. Perwakilan BPIP dan Kemendagri hadir disini mengamati proses itu. Termasuk dalam hal konten pembekalan, coaching," tutur Sinoeng.

Jateng juga akan menggelar Pekan Olah raga Pelajar Daerah (Popda) yang akan berlangsung secara hybrid. "Sesuai arahan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, segala proses dapat dihelat dengan menjalankan kepatuhan pada protokol kesehatan. Agak ketat, iya, karena itu keniscayaan menuju keadaan normal baru," tandas Sinoeng.

Pelaksanaan kegiatan turut didukung Polda Jateng, Kodam IV/Diponegoro, Alumni Purna Paskibraka Indonesia-Jateng, dan perguruan tinggi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA