Ahad 11 Apr 2021 00:48 WIB

Marcelo Bielsa: Manchester City Lebih Layak Menang

Leeds mengalahkan Manchester City 2-1 pada laga di Stadion Etihad.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa
Foto: AP/Michael Regan/Pool GETTY
Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Leeds United sukses mengejutkan peraih dua gelar juara dalam tiga musim terakhir Liga Primer Inggris, Manchester City. Tim besutan Marcelo Bielsa itu membungkam City, 2-1, kala melawat ke Stadion Etihad pada pekan ke-31 Liga Primer Inggris, Sabtu (10/4) malam WIB.

The Whites mampu membuka keunggulan terlebih dahulu di laga tersebut lewat sepakan kaki kanan Stuart Dallas pada menit ke-42. Kendati mesti tampil dengan 10 pemain pada menit ke-46 lantaran kartu merah yang diterima Liam Cooper, Leeds bisa menahan gempuran City, setidaknya hingga menit ke-76.

Baca Juga

Pada saat itu, City mampu menyamakan kedudukan via gol dari Ferran Torres. Namun, Leeds United berhasil kembali menorehkan keunggulan, tepatnya saat laga memasuki menit ke-91. Juara Divisi Championship musim lalu itu berhasil memanfaatkan kelengahan City dengan melepaskan serangan balik cepat, yang diakhiri sepakan keras Dallas dari luar kotak penalti.

Pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa, mengakui, keberhasilan timnya memetik tiga poin di laga ini tidak terlepas dari kegigihan, semangat, dan agresivitas para penggawa Leeds United. Terlebih, di sepanjang laga, City tampil begitu dominan dan menguasai laga.

Tidak tanggung-tanggung, The Citizens mengemas 71 persen penguasaan bola, dan mengemas 29 tembakan. Sementara Leeds United hanya bisa mengemas dua tembakan.

Namun, semua tembakan Leeds tepat mengenai sasaran dan berbuah menjadi gol. "Kami mungkin berhak mendapatkan kemenangan ini setelah upaya yang ditunjukkan para pemain. Namun, rasanya lebih fair apabila City yang meraih kemenangan di laga ini. Kami memang bekerja begitu keras di laga ini, tapi City benar-benar menguasai laga dan memiliki opsi yang lebih banyak," tutur Bielsa kepada BT Sports seusai laga, Ahad (11/6).

Atas hasil ini, Leeds United pun beranjak dari peringkat ke-11 ke posisi kesembilan klasemen sementara. Leeds United sukses mengumpulkan 45 poin dari 31 laga dan hanya terpaut tujuh poin dari zona kompetisi Eropa.

Leeds United pun dianggap bisa bersaing untuk mengamankan satu tiket penampilan di kompetisi Eropa pada musim depan di tujuh laga sisa Liga Primer Inggris musim ini. Kendati begitu, Bielsa tidak buru-buru dalam mengubah target capaian timnya pada musim ini, yang sebelumnya hanya berharap bisa bertahan di Liga Primer Inggris.

"Target baru? Tidak ada. Target kami adalah memperbaiki performa kami agar bisa tampil maksimal di laga berikutnya. Dari situ, kami akan mendapatkan posisi yang berhak kami dapatkan," kata pelatih asal Argentina tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement