TPU Pondok Kelapa Ramai Didatangi Peziarah Jelang Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 10 Apr 2021 23:05 WIB

Warga berziarah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah. Foto: Republika/Thoudy Badai Warga berziarah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa, Jakarta Timur, ramai didatangi oleh para peziarah menjelang bulan suci Ramadhan, Sabtu (10/4).

Kepala TPU Pondok Kelapa Efendi mengatakan para peziarah sudah mulai berdatangan sejak awal April atau bertepatan dengan libur Hari Paskah. "Mulai ramai semenjak Paskah kemarin sampai sekarang antusias orang lumayan, tapi berkurang dibandingkan sebelum pandemi," kata Efendi di TPU Pondok Kelapa, Sabtu.

Baca Juga

Efendi mengatakan TPU Pondok Kelapa tahun ini mengizinkan warga untuk melakukan ziarah jelang bulan Ramadhan. Menurut dia, kondisi itu berbeda dibandingkan tahun sebelumnya ketika awal pandemi Covivd-19.

Saat itu tidak ada kegiatan ziarah makam jelang Ramadhan di TPU Pondok Kelapa. "Tahun lalu tidak ada. Kami tutup untuk peziarah, hanya melakukan pemakaman. Sekarang boleh, tapi dibatasi. Kalau kita mau larang, juga nggak mungkin karena sudah jadi budaya," ujarnya.

Meski kegiatan ziarah diizinkan, Efendi mengimbau masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat. "Imbauannya jangan berkerumun dan wajib memakai masker. Di depan gerbang dicegat kalau tidak pakai masker, tidak boleh masuk. Siapa pun yang masuk sini harus pakai masker," katanya.