Umat Muslim St. Petersburg Sambut Ramadhan

Red: Esthi Maharani

Jumat 09 Apr 2021 05:42 WIB

Muslim St. Petersburg Foto: About Islam Muslim St. Petersburg

REPUBLIKA.CO.ID, ST PETERSBURG – Komunitas Muslim di St. Petersburg, Florida, Amerika Serikat berkumpul dengan Wali Kota Rick Kriseman di balai kota pada Selasa (6/4) untuk menghormati bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini juga merayakan keberagaman yang ada di kota tersebut.

“Acara hari ini sangat berarti. Sudah waktunya untuk melihat sesuatu seperti ini,” kata salah seorang warga Muslim, Khalid Ouanain.

Menurut Ouanain, hal yang membuat Amerika menjadi negara hebat adalah kebaikan dari orang-orang untuk menyatukan dengan lain. Inti dari acara ini merupakan contoh dari upaya untuk menyatukan keberagaman.

“Kami mungkin memiliki perbedaan tapi itu tidak berarti kami harus menjadi musuh,” ujar dia.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam Hijriah dan diperingati sebagai bulan puasa dan turunnya Alquran kepada Nabi Muhammad. Selama Ramadhan, umat Islam berpuasa dari subuh hingga matahari terbenam. Mereka tidak makan dan minum, merokok, dan berhubungan seksual.

Sementara itu, Kriseman berharap agar kota ini tetap menjaga tradisi menandai bulan suci bersama komunitas Muslim.

Baca juga : Doa Menjelang Bulan Ramadhan

“Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan. Salah satu hal yang kami coba lakukan di kota ini dan selama saya menjadi wali kota adalah menyadari pentingnya keragaman, toleransi, cinta, kebaikan, dan kasih sayang. Menjadi satu komunitas di mana setiap orang menjadi bagian dari visi kami dan itu termasuk komunitas Muslim,” kata Kriseman.

Dilansir About Islam, Kamis (8/4), pemimpin Masyarakat Islam St. Petersburg, Saad Rahamouni memuji upaya Kriseman untuk merayakan keberagaman dan mempromosikan toleransi di kota tersebut. “Bagi saya, acara ini adalah tanda seberapa jauh kita telah melangkah,” kata Rahamouni.

Salah satu hal yang selalu dibicarakan adalah konsep toleransi. Rahamouni mengatakan toleransi di kota itu sudah berkembang pesat. Ramadhan diharapkan mulai pada 13 April nanti. Selama Ramadan, umat Islam melakukan upaya khusus untuk menyediakan waktu membaca dan mempelajari Alquran, shalat tarawih, dan melaksanakan amal-amal lainnya.

Terpopuler