Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Dishub DKI Sediakan 50 Bus Sekolah untuk Menunjang PTM

Rabu 07 Apr 2021 21:29 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Suasana uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN Palmerah 03 Pagi, Jakarta Barat, Rabu (7/4). Pada hari pertama kegiatan tersebut diikuti oleh para siswa kelas 5 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Suasana uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN Palmerah 03 Pagi, Jakarta Barat, Rabu (7/4). Pada hari pertama kegiatan tersebut diikuti oleh para siswa kelas 5 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Foto: Republika/Flori Sidebang
50 bus sekolah akan melewati 17 rute menuju 85 sekolah yang gelar uji coba PTM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyediakan sebanyak 50 bus sekolah selama uji coba pembelajaran tatap muka sejak 7 hingga 29 April 2021 mendatang. Bus-bus sekolah itu disiapkan untuk membantu mobilitas para siswa saat berangkat dan pulang sekolah. 

"Mulai hari ini kami sudah mengoperasikan bus sekolah di beberapa rute dan wilayah yang sekolahnya sudah melaksanakan tatap muka," kata Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (7/4).

Syafrin menjelaskan, ada 17 rute bus sekolah yang disiapkan di lima kota administrasi Jakarta. Ia menyebut, di Jakarta Barat terdapat tiga rute yang terdiri dari rute 3 Kamal-Kalideres, rute 18 Meruya-Ciledug-Joglo dan rute 19 Bendungan Hilir-Kemanggisan. 

Kemudian, untuk wilayah Jakarta Pusat ada tiga rute yang meliputi zonasi 5 Pulogadung-Paseban. Lalu, rute 1 Perintis Kemerdekaan-Lapangan Banteng, serta zonasi 7 Cikini-Rawamangun.

"Untuk wilayah selatan ada empat rute yang dilayani bus sekolah, yaitu rute 6 Pasar Minggu-Kebayoran, rute 7 Pasar Minggu-UI, rute 11 Blok M-Ciledug, dan rute 14 Blok M-Pondok Labu," jelas Syafrin.

Sementara itu, ada lima rute di Jakarta Timur yang meliputi zonasi 1 Pondok Gede-Ranco, zonasi 7 Rawamangun-Cikini, zonasi 8 Lubang Buaya-Ranco. Kemudian, rute 3 TMII-Gandaria, dan rute 4 Perintis Kemerdekaan-Pondok Kopi

Berikutnya, wilayah Jakarta Utara ada dua rute, yaitu zonasi 11 Kapuk-Cideng dan zonasi 12 Rorotan-Rawabebek. Dia menuturkan, kapasitas penumpang di dalam bus dibatasi maksimum 50 persen dari jumlah kursi yang tersedia. 

Ia menambahkan, operasional bus-bus itu menyesuaikan dengan jadwal 85 sekolah yang melakukan uji coba pembelajaran tatap muka. "Sesuai dengan jadwal dari sekolah kapan dibuka tatap mukanya, kami menyesuaikan," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan menggelar uji coba (piloting) pembelajaran tatap muka (PTM) terhadap 85 sekolah di Ibu Kota, mulai tanggal 7-29 April 2021. Jumlah tersebut telah melalui asesmen tahap satu dan dua dari total 100 sekolah yang mengikuti asesmen dari Disdik DKI Jakarta. 

"Dari 100 itu sisanya 85 sekolah, piloting SD, SMP, SMA, SMK," kata Humas Disdik DKI Jakarta Taga Radja saat dihubungi, Selasa (6/4).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA