Rabu 07 Apr 2021 17:29 WIB

Pesawat Tempur Asing Jenis F-18 Lintasi ZEE Indonesia

Pesawat asing itu juga sempat terbang di atas FPSO vessel Kakap Natuna.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) Indan Gilang Buldansyah.
Foto: Dispenau
Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) Indan Gilang Buldansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI Angkatan Udara (AU) mengonfirmasi adanya pesawat tempur asing jenis F-18 Hornet yang melintasi Perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada Selasa (6/4) lalu. Meski tidak memasuki wilayah teritorial Republik Indonesia (RI), pesawat yang masih belum diketahui asalnya tersebut melintasi zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

"Di Perairan Natuna telah melintas pesawat tempur asing diperkirakan jenis F-18 Hornet," ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Indan Gilang, saat dikonfirmasi, Rabu (7/4).

 

photo
Jet Tempur Boeing F-18 Super Hornet. - (Reuters/US Navy)
 

Indan menerangkan, pesawat asing itu juga sempat terbang di atas floating, production, storage and offloading (FPSO) vessel Kakap Natuna yang dioperasikan oleh perusahaan minyak Indonesia. Pesawat itu melintas di wilayah ZEE Indonesia sekitar 169 mile di sebelah Barat Kepulauan Natuna.

 

"Atas kejadian tersebut, disampaikan bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia. Dan saat ini, TNI AU sedang mendalami kejadian tersebut dengan pihak terkait," ungkap dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement