Game Online Edukasi Mitigasi Bencana Dikembangkan

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Universitas Muhammadiyah Purwokerto. | Foto: UMP

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, dan University Technology Petronas Malaysia, mengembangkan game online edukasi tentang mitigasi bencana.

''Game online ini sebenarnya sudah jadi, tapi masih dalam tahap uji coba. Nantinya akan kita rilis sehingga bisa dimainkan oleh masyarakat,'' jelas Ns Susana Widyaningsih, dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, yang menjadi salah satu anggota tim pembuatan game tersebut, Selasa (6/4).

Ia menyebutkan, dalam permainan game online ini secara tidak langsung akan melatih masyarakat untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana. ''Dengan bermain game ini, masyarakat akan lebih memahami dan mengetahui secara virtual saat ketika terjadi gempa bumi, banjir, dan tsunami,'' jelasnya.

Sri Suparti MKep, pembuat game lainnya, menjelaskan game ini merupakan hasil kerja sama riset antara Fikes UMP dengan University Technology Petronas Malaysia. ''Latar belakang dibuatnya game ini, karena wilayah negara kita merupakan wilayah yang rawan bencana,'' kata dia.

Wilayah Indonesia, lanjutnya, bahkan bisa disebut sebagai laboratorium bencana, karena semua jenis bencana bisa terjadi. Untuk itu, upaya mitigasi perlu dilakukan terus menerus, agar bencana yang terjadi meminimalisir jatuhnya korban.

''Media pendidikan mitigasi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat game online edukasi mitigasi bencana. Kami berharap, dengan adanya game ini, maka masyarakat tentang kebencanaan dan juga cara menyelamatkan diri pada saat terjadi bencana, akan semakin paham,'' ujarnya.

Rektor UMP Dr Jebul Suroso berharap game online dari hasil kerja sama antara  dosen UMP dengan dosen University Technology Petronas Malaysia, bisa bermanfaat bagi masyarakat. ''Kami berharap game ini bisa menjadi salah satu materi ketika BPBD akan melakukan pendekatan lain dalam penanggulangan bencana,'' katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Siswa Peserta PTM Diatur Sesuai Rombongan Kelas

Penghuni Rumah yang Digeledah Densus 88 Jarang Bergaul

Rektor UMP Kembangkan Kampus sebagai Kampus Wisata

Kontingen UMP Raih Dua Juara Umum Kejurnas Tapak Suci

Pemkab Banyumas Siapkan Tempat Karantina Antisipasi Pemudik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark